Text
Skripsi : EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK TEUKU UMAR - CD Skripsi
ABSTRAK
Ferninda Rahardiyana Putri,(2021) : Efektivitas Teknik Assertive Training Dalam
Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik
Kelas XI di SMK Teuku Umar Semarang
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiment one group pre test dan
post test design. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini ialah mengetahui
perilaku asertif peserta didik kelas XI di SMK Teuku Umar Semarang setelah
mendapatkan teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok.
Populasi penelitian ini berjumlah 62 peserta didik yaitu kelas XI RPL 1 dan kelas
XI TKRO 1, namun penelitian ini secara sampel kepada 10 peserta didik yang
mengalami masalah dalam perilaku asertif. Alat pengumpulan data yang digunakan
ialah angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan SPSS for Windows
Release 24, adapun analisa data yang digunakan untuk membuktikan yaitu Uji
Paired Sampel t-test dan uji independent sampel t-test karena data berdistribusi
normal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku asertif peserta didik
sebelum diberi teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok
memiliki nilai rata-rata 85,00 dan setelah diberi layanan konseling kelompok
dengan teknik assertive training nilai rata-rata nya menjadi 92,80. Maka dapat
dikatakan adanya perbedaan Pre-test dan Post-Test. Jka disimpulkan teknik
assertive training dalam layanan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan
perilaku asertif peserta didik.
Kata kunci : Efektivitas, Teknik Assertive Training, Layanan Konseling
Kelompok, Perilaku Asertif
006/BK/PUS/II/2021 | PUT e | Perpustakaan Pusat (Bimbingan Konseling) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain