Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI MEDIA WAYANG KARDUS PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA KEMUSU TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Retnawati, NPM : B2618130125. “Meningkatkan Kemampuan Bahasa
Ekspresif Melalui Media Wayang Kardus Pada Kelompok B di TK Dharma
Wanita Kemusu Tahun Ajaran 2021/2022”. Program Studi PG-PAUD.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet. Tahun Akademik
2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media wayang
kardus dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok B di
TK Dharma Wanita Kemusu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang
mencakup: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan
refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelompok B di TK
Dharma Wanita Kemusu Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah murid 16 anak
yang terdiri dari 7 anak laki– laki dan 9 anak perempuan.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media wayang kardus
dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok B di TK
Dharma Wanita Kemusu. Masing-masing anak siap menerima pelajaran cerita
dengan tenang. Adapun langkah-langkahnya adalah (1) Guru menjelaskan cerita
Si Kambing dan Si Sapi dengan menggunakan media wayang kardus yang
sebelumnya telah dipersiapkan, (2) Guru menyuruh siswa untuk bertanya tentang
cerita Si Kambing dan Si Sapi apabila belum paham, (3) Anak diberi kesempatan
satu persatu ke depan kelas untuk menceritakan kembali tentang cerita Si
Kambing dan Si Sapi.
Kata kunci : Bahasa Ekspresif, Media, Wayang Kardus
241/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG - PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain