Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL
BENTUK GEOMETRI MELALUI METODE BERMAIN
RUMAH PINTAR MENGGUNAKAN KARDUS PADA ANAK
KELOMPOK A TK DHARMA WANITA GENENGSARI
TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi

Text

Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI METODE BERMAIN RUMAH PINTAR MENGGUNAKAN KARDUS PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA GENENGSARI TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi

Mustariyah, Siti - Nama Orang;

ABSTRAK
Siti Mustariyah. “Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Bentuk
Geometri Melalui Metode Bermain Rumah Pintar Menggunakan Kardus pada
Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Genengsari Tahun Ajaran 2021/2022‟‟.
Skripsi. PG PAUD. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet.
Pengenalan kemampuan kognitif pada anak usia dini bukan hanya
mengasah kemampuan mengingat tetapi juga imajinatif dan artistik, pemahaman
ruang, keterampilan kognitif serta pola pikir kreatif. Anak usia dini juga dapat
dengan mudah mengenali warna dan ruang disekitarnya, dapat mengolah
pengetahuanya tersebut menjadi sebuah karya melalui kreativitas serta imajinasi
sebagai seorang anak yang penuh dengan daya khayal sesuai dengan
perkembanganya. Ada berbagai macam kegiatan yang dapat meningkatkan
kemampuan kognitif misalnya mengenalkan konsep warna, bentuk geometri, bau,
rasa pada anak yaitu salah satunya dengan kegiatan bermain. Bemain dapat
menimbulkan rasa ingin tahu pada anak agar dapat memecahkan masalah
sederhana yang berasal dari kegiatan bermain yang bisa menggunakan alat
permainan dan bisa juga tanpa alat permainan, karena dunia anak adalah dunia
bermain.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak
kelompok A TK Dharma Wanita Genengsari dalam mengenal bentuk geometri
melalui metode bermain rumah pintar menggunakan kardus.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita Genengsari yang berjumlah 23 anak
terdiri dari 12 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Data diperoleh dengan
lembar observasi hasil belajar anak, lembar observasi keaktifan anak dan lembar
pengamatan kinerja guru. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif
komparatif dengan cara membandingkan keadaan pada kondisi awal/pra siklus
dengan hasil siklus I dan siklus II. Hasil analisis tersebut digunakan sebagai
penentu untuk mengetahui berhasil atau tidaknya tindakan yang dilakukan.
Hasil penelitian adalah metode bermain rumah pintar menggunakan kardus
dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok A TK Dharma Wanita
Genengsari dalam mengenal bentuk geometri. Hal ini dibuktikan dari hasil pra
sikus sebelum penggunaan metode bermain rumah pintar menggunakan kardus
terdapat 6 anak (26%) yang mendapat hasil belajar dengan kategori baik,
selanjutnya pada siklus I terdapat 13 anak (56%) dengan hasil belajar dalam
kategori baik, pada siklus II jumlah anak yang mendapat hasil belajar dalam
kategori baik meningkat menjadi 19 anak (83%) meningkat 27% dari siklus I.
Indikator keberhasilan yang telah ditentukan tercapai pada siklus II dengan 83%
anak mendapat hasil belajar dengan kategori baik sehingga sudah melampaui
indikator keberhasilan yaitu 75% dari seluruh jumlah anak mendapat hasil belajar
dengan kategori baik.
Kata kunci: Mengenal bentuk geometri, metode bermain, media rumah pintar


Ketersediaan
242/PAUD/PUS/II/2022378Perpustakaan Pusat (PG PAUD)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
378
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
21x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG - PAUD
B2618130176
Siti Mustariyah
242/PAUD/PUS/II/2022
Info Detail Spesifik
Hard cover skripsi warna biru – CD Skripsi Jurusan PG - PAUD
Pernyataan Tanggungjawab
Siti Mustariyah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI METODE BERMAIN RUMAH PINTAR MENGGUNAKAN KARDUS PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA GENENGSARI TAHUN AJARAN 2021/2022
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik