Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN BAKIAK BATOK KELAPA PADA ANAK DI KELOMPOK B TK PERTIWI 1 KALIMATI KECAMATAN JUWANGI, KABUPATEMENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN BAKIAK BATOK KELAPA PADA ANAK DI KELOMPOK B TK PERTIWI 1 KALIMATI KECAMATAN JUWANGI, KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2021/2022N BOYOLALI TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
NUR ANA TRI RAHAYU, NPM : “Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar
Melalui Permainan Bakiak Batok Kelapa Pada Anak Di Kelompok B TK Pertiwi
1 Kalimati Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2021/2022”.
Program Studi PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Ivet. Tahun Akademik 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan permainan
bakiak batok kelapa dalam mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok B
di TK Pertiwi 1 Kalimati Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali; (2)
Perkembangan motorik kasar anak pada kelompok B di TK Pertiwi 1 Kalimati.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif interaktif yang merupakan pencermatan
terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus, dimana aktifitas setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK
Pertiwi 1 Kalimati Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali, khususnya kelas B
sejumlah 15 anak. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah melalui
penggunaan media permainan dengan bakiak batok kelapa dalam pembelajaran.
Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi kinerja guru, lembar
observasi aktifitas anak, dan lembar evaluasi perkembangan motorik kasar anak.
Pelaksanaan penelitian secara kolaboratif yang dilakukan oleh satu orang guru
pelaksana tindakan dan satu orang guru pengamat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Rerata skor aktifitas anak
dalam kegiatan belajar mengajar khususnya dalam bermain bakiak batok kelapa
mengalami peningkatan dari 2 menjadi 3,5 dengan kriteria sangat baik. Ini
menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran yang kreatif maka keaktifan
anak dalam pembelajaran meningkat; (2) Aspek motorik kasar anak mengalami
perkembangan dari 6,6% menjadi 86’6% dengan kriteria baik (BSH) ini artinya
bahwa permainan bakiak batok kelapa mampu mengembangkan motorik kasar
anak pada kelompok B di TK Pertiwi 1 Kalimati Kecamatan Juwangi Kabupaten
Boyolali. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil
sehingga peneliti merekomendasikan penggunaan media permainan bakiak batok
kelapa dalam pembelajaran pengembangan moto
243/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain