Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA KANTONG STIK ANGKA PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B DI TK MARDI LESTARI BANCAK KECAMATAN GUNUNGWUNGKAL KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021 - CD Skripsi
ABSTRAK
Elia Retna Kadarsih, B2617210306. Peningkatan Kemampuan Berhitung
Permulaan Melalui Media Kantong Stik Angka Pada Peserta Didik Kelompok B
di TK Mardi Lestari Bancak Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun
Pelajaran 2020/2021. Semarang. PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. 2021. 182 halaman.
Penelitian ini merupakan studi mengenai peningkatan kemampuan
berhitung permulaan melalui media kantong stik angka. Latar belakang penelitian
ini adalah kemampuan berhitung permulaan peserta didik masih rendah. Ini
terlihat dari 21 peserta didik baru terdapat 7 peserta didik (33,33%) yang
mencapai kemampuan berhitung permulaan termasuk dalam kategori Baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa melalui penggunaan media
kantong stik angka dapat meningkatka kemampuan berhitung permulaan peserta
didik kelompok B TK Mardi Lestari Bancak.
Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Rencana
pelaksanaan tindakan dengan dua siklus, yaitu: siklus I, dan siklus II dengan
masing-masing siklus tiga kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari
empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Subyek yang diteliti adalah peserta didik pada Kelompok B di TK Mardi Lestari
Bancak sebanyak 21 anak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi: analisis
kualitatif dan analisis komparatif dengan menghitung persentase kemampuan
berhitung permulaan yang kemudian dibandingkan persentase ketuntasan pra
siklus, siklus I, dan siklus II.
Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media kantok stik angka
dapat meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik di kelompok B TK
Mardi Lestari Desa Bancak Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati.
Dibuktikan dengan pencapaian secara klasikal kemampuan berhitung permulaan
peserta didik yang termasuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan
Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sudah mencapai indikator keberhasilan, yaitu
minimal sebesar 85%. Pada pra siklus, baru mencapai 33,33%. Kemudian pada
siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 42,86%, kemudian pada siklus I
pertemuan 2 meningkat menjadi 52,38% dan meningkat lagi pada siklus I
pertemuan 3 menjadi 66,67%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 meningkat
menjadi 76,19%, kemudian pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi
80,95% dan meningkat lagi pada siklus II pertemuan 3 menjadi 90,48%. Ini
artinya pada siklus II sudah mengalami peningkatan sebesar 57,15% bila
dibandingkan dengan pra siklus
Kata Kunci: Bermain Permulaan, Kantong Stik, Angka
245/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain