Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK MELALUI MEDIA FIGURED CARD UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA TARBIYATUL ISLAMIYAH PUNDENREJO TAYU PATI - Cd Skripsi
ABSTRAK
Ulya Za’im Luthfya. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Simbolik
Melalui Media Figured Card Untuk Anak Usia 5-6 Tahun di RA Tarbiyatul
Islamiyah Pundenrejo Tayu Pati. Skripsi. PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 60 halaman.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 14 menyatakan
bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu upaya pembinaan
yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang
dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu
pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohari agar anak memiliki kesiapan
dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) No. 5 Tahun 2022
tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini terdapat
enam aspek perkembangan pada anak usia dini antara lain adalah : nilai moral dan
agama, nilai pancasila, fisik motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional
(Kemendikbudristek, 2022). Salah satu aspek perkembangan yang harus
dikembangkan pada anak usia dini adalah aspek kognitif. Ada beberapa ruang
lingkup perkembangan kognitif yang harus dicapai anak usia dini sesuai dengan
Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Anak Usia Dini (SKLPAUD)
diantaranya adalah belajar memecahkan masalah, berpikir logis, berpikir kreatif,
dan berpikir simbolik. Berdasarkan hasil pengamatan awal peneliti di RA
Tarbiyatul Islamiyah Desa Pundenrejo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati
kemampuan berpikir simbolik anak masih belum berkembang. Hal ini didukung
dengan data dari total 15 anak, 9 anak diantaranya masih belum maksimal
kemampuan berpikir simboliknya. Berdasarkan permasalahan di atas maka
peneliti hendak melakukan penelitian berjudul “Peningkatan Kemampuan
Berpikir Simbolik melalui Media Figured Card (Kartu Bergambar) untuk Anak
Usia 5-6 Tahun di RA Tarbiyatul Islamiyah Pundenrejo Tayu Pati”
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan kemampuan berpikir simbolik melalui media figured card (kartu
bergambar) untuk anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Islamiyah Pundenrejo
Tayu Pati.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B2 yang
berjumlah 15 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Data
diperoleh dan dianalisis menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan media figured
card mampu meningkatkan kemampuan berpikir motorik anak terbukti dengan
hasil observasi kemampuan berpikir motorik anak yang semula hanya 48,75%
pada pra siklus dapat meningkat menjadi 85,42% pada siklus II dengan kriteria
Berkembang Sangat Baik (BSB).
Kata Kunci : berpikir simbolik, figured card, penelitia tindakan kelas
246/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain