Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA POUCH STICK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA TARBIYATUL ISLAMIYAH PUNDENREJO TAYU PATI - CD Skripsi
ABSTRAK
Miftahul Fadila (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan
Melalui Media Pouch Stick Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Tarbiyatul
Islamiyah Pundenrejo Tayu Pati. Jurusan PG – PAUD. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas IVET. Semarang. 73 halaman.
Pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya pembinaan yang
ditujukan dengan pemberian rangsangan secara utuh, yakni rangsangan
pendidikan untuk dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan
rohani. Salah satu aspek yang harus dikembangkan adalah aspek perkembangan
kognitif, seperti yang tercantum dalam peraturan pemerintah nomor 58 tahun
2009 perkembangan kognitif anak usia dini dibagi menjadi tiga tahapan
perkembangan yaitu pengetahuan umum dan sains, konsep bentuk dan ukuran,
dan pola, konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf. Berdasarkan hasil awal
penelitian di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Pundenrejo Kecamatan Tayu
Kabupaten Pati kemampuan anak dalam berhitung permulaan masih belum
berkembang. Hal ini didukung dengan data dari 15 anak, 8 anak diantaranya
masih belum maksimal dalam kemampuan berhitung permulaannya. Berdasarkan
permasalahan diatas peneliti hendak melakukan penelitian dengan mengambil
judul “Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Pouch Stick
Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Tarbiyatul Islamiyah Pundenrejo Tayu Pati”
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan
berhitung permulaan melalui media Pouch Stick pada anak usia 5-6 tahun di RA
Tarbiyatul Islamiyah Pundenrejo Tayu Pati.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau
Classroom Action Research (CAR) dengan subjek dalam penelitian ini adalah RA
Tarbiyatul Islamiyah Pundenrejo sebanyak 15 anak yang terdiri dari 8 siswa
perempuan dan 7 siswa laki-laki.. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tehnik
pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara dan
dokumentasi. Pengecekkan keabsahan data didasarkan pada kriteria derajat
kepercayaan (credibility) dengan teknik triangulasi, ketekunan pengamatan,
pengecekkan teman sejawat. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif
komparatif.
Hasil analisis data menunjukkan peningkatan dari prasiklus, siklus I dan II
secara berturut-turut sebagai berikut terdapat 7 anak (46,7%) yang berhasil
melakukan kegiatan berhitung menggunkan media pouch stick pada pra siklus.
Selanjutnya terdapat 10 anak (66,7%) yang berhasil melakukan kegiatan berhitung
menggunkan media pouch stick pada siklus I. Dan 13 anak (86,7%) yang berhasil
melakukan kegiatan berhitung menggunkan media pouch stick pada siklus II. Dari
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa melalui media pouch stick dapat
meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun di RA
Tarbiyatul Islamiyah Pundenrejo Tayu Pati.
Kata Kunci : Berhitung permulaan, media pouch stick, anak usia dini.
248/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain