Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PESERTA DIDIK USIA 4-5 TAHUN DI TK MARDI UTOMO 01 GUNUNGWUNGKAL PATI - Cd Skripsi
ABSTRAK
Yelvy Kartika Dewi, B2618110047. Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna
Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture pada Peserta Didik Usia
4-5 Tahun di TK Mardi Utomo 01 Gunungwungkal Pati. Semarang. PGPAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet
Semarang. 2022. 79 halaman.
Penelitian ini merupakan studi mengenai peningkatan kemampuan
mengenal warna melalui Model Pembelajaran Picture And Picture. Latar
belakang penelitian ini adalah kemampuan mengenal warna peserta didik masih
rendah. Terbukti dari 12 anak, baru 3 peserta didik atau sebesar 25% yang
termasuk kategori BSB dan BSH. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan
bahwa penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan
kemampuan mengenal warna pada peserta didik Usia 4-5 Tahun di TK Mardi
Utomo 01 Gunungwungkal Pati.
Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Rencana
pelaksanaan tindakan dengan dua siklus, yaitu: siklus I, dan siklus II dengan
masing-masing siklus dua kali pertemuan, dengan masing-masing siklus terdiri
dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan
refleksi. Subyek yang diteliti adalah peserta didik Usia 4-5 Tahun di TK Mardi
Utomo 01 Gunungwungkal Pati sebanyak 12 anak, yang terdiri dari 7 anak lakilaki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi: analisis
kualitatif dan analisis komparatif dengan menghitung persentase kemampuan
mengenal warna peserta didik yang kemudian dibandingkan persentase ketuntasan
pra siklus, siklus I, dan siklus II.
Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran
Picture And Picture dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna peserta
didik kelompok A (usia 4-5 tahun) di TK Mardi Utomo 01 Gunungwungkal Pati.
Terbukti dari pencapaian kemampuan mengenal warna yang terus mengalami
peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan yang peneliti tetapkan, yaitu
secara klasikal kemampuan mengenal warna anak yang termasuk kategori
Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) minimal
sebesar 85%. Pada pra siklus, kemampuan mengenal warna peserta didik yang
termasuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai
Harapan (BSH) baru sebesar 25,00%. Kemudian meningkat pada siklus I
pertemuan 1 menjadi 50,00% dan pertemuan 2 menjadi 66,67%. Kemudian pada
siklus II pertemuan 1 menjadi 75,00% dan pertemuan 2 menjadi 91,67%. Dengan
demikian diketahui terdapat peningkatan sebesar 66,67% bila dibandingkan
dengan pra siklus. Penerapan model pembelajaran Picture And Picture juga dapat
meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Pada siklus I keaktifan peserta didik
yang termasuk kategori Baik sebesar 75% dan kemudian meningkat pada siklus II
menjadi 91,67%. Dengan demikian, diketahui terdapat peningkatan keaktifan
belajar peserta didik sebesar 16,67%.
Kata Kunci: Mengenal Warna, Model Pembelajaran Picture And Picture
250/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain