Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN DAKON GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A DI KB TUNAS HARAPAN KECAMATAN BATUWARNO KABUPATEN WONOGIRI - Cd Skripsi
ABSTRAK
ANITA YUNIARTI. NPM 2620230448. Upaya meningkatkan
kemampuan kognitif mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon
geometri pada anak Kelompok A di KB Tunas Harapan Kecamatan Batuwarno,
Kabupaten Wonogiri. PG-PAUD Universitas IVET Semarang. 65 Halaman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif
mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon geometri pada anak
Kelompok A di KB Tunas Harapan Kecamatan Batuwarno, Kabupaten
Wonogiri.Kemampuan mengenal bentuk geometri anak KB Tunas Harapan
Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri masih tergolong rendah, sehingga
anak belum mampu mengenal, menunjukkan dan menggunakan bentuk geometri
untuk kegiatan pembelajaran. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon
geometri pada anak Kelompok A di KB Tunas Harapan Kecamatan Batuwarno,
Kabupaten Wonogiri. Bentuk geometri yang dikenalkan adalah persegi, segitiga,
dan lingkaran.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dimana subjek
penelitiannya adalah 20 anak kelompok A. Objek penelitian dalam penelitian ini
adalah kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon
geometri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Alat yang digunakan adalah lembar instrument
observasi, sedangkan untuk Teknik analisis datanya dilakukan dengan
menggunakan diskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu
75% dari 20 anak memiliki kemampuan mengenal bentuk geometri. Dalam
penelitian ini menggunakan dua siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bentuk
geometri anak kelompok A pada tahap Prasiklus sebanyak 5%., pada siklus I
sebanyak, 40% dan pada siklus II sebanyak 90%. Dari perolehan persentase pada
siklus II membuktikan bahwa dalam penelitian ini telah mencapai indikator
keberhasilan yang ditetapkan yaitu kemampuan mengenal bentuk geometri anak
mengalami peningkatan ≥75%. Langkah-langkah yang dapat meningkatkan
kemampuan mengenal bentuk geometri adalah mengucapkan bentuk geometri,
memisahkan bentuk geometri, memberi nama bentuk geometri memberikan
contoh bentuk suatu benda yang sama dengan bentuk geometri, mendeskripsikan
masing-masing bentuk geometri, menggambar bentuk geometri, menyusun
beberapa bentuk geometri menjadi suatu benda serta bercerita mengenai benda
yang dibuatnya dari beberapa susuanan bentuk geometri.
Kata kunci: kemampuan kognitif, permainan dakon geometri
256/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain