Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA FLASHCARD ANAK USIA DINI USIA 4-5 TAHUN DI POS PAUD PERMATA CERIA KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN - Cd Skripsi
ABSTRAK
Dwi Okta Prasetyani (2022). Meningkatkan Kemampuan Berhitung
Permulaan Melalui Media Flashcard Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun Di
Pos Paud Permata Ceria Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Skripsi.
PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet.
Berdasarkan hasil pengamatan di Paud Permata Ceria, penulis
menemukan masih banyak anak didik yang kurang dalam berhitung
permulaan. Berhitung sangat berkaitan erat dengan kognitif. Jadi, metode
berhitung sangat berpengaruh dalam pengembangan kognitif anak usia dini.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan berhitung
Anak usia dini anak di Paud Permata Ceria, (2) Untuk mengetahui
pencapaian hasil berhitung permulaan dengan menggunakan media flashcard
dalam mengembangkan kemampuan bahasa lisan anak di Paud Permata
Ceria.
Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan. Melalui penelitian
tindakan, penulis melakukan penelitian terhadap upaya meningkatkan
kemampuan berhitung permulaan anak melalui metode flashcard.
Pelaksanaan penelitian tindakan ini mempunyai tahapan yang bersiklus.
Dalam penelitian ini, peneliti memilih Paud Permata Ceria yang berlokasi
Somomorodukuh Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Alasannya karena
peneliti ingin melihat bagaimanakah proses guru dalam mengembangkan
kemampuan berhitung menggunakan media flashcard.
Hasil pencapaian penerapan Paud Permta Ceria pada siklus I
menigkatkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui metode
flashcard persentasenya yaitu 26,32% dalam kategori Mulai berkemabng
(MB). Hasil siklus II di kelompok B persentasenya yaitu 84,21% dalam
kategori berkembang sesuai ghrapan (BSH).
Kata Kunci : Kemampuan, berhitung, media, flashcard
258/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain