Text
Skripsi : PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA KELOMPOK B TK AL BATTANI MRANGGEN DEMAK - Cd Skripsi
ABSTRAK
ROFI‟AH, NPM. B2618110057. Judul “Penerapan Metode Bermain Kartu
Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Kelompok B
TK Al Battani Mranggen Demak” Skripsi PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet, 2022.
Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan
membaca melalui metode bermain kartu kata bergambar pada Kelompok B TK
Al Battani Mranggen Demak tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus dengan perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelompok Kelompok B
TK Al Battani Mranggen Demak dengan sampel sebanyak 15 anak.
Pada kondisi awal kemampuan membaca anak pada (pra siklus) sebesar
33,33% meningkat sebesar 33,33% menjadi 66,67% pada siklus I dan semakin
meningkat sebesar 33,33% pada siklus II mencapai 100,00%. Terdapat
peningkatan kemampuan membaca anak melalui metode bermain menggunakan
media kartu kata bergambar dari pra siklus hingga siklus II sebesar 66,66%.
Aktivitas belajar anak pada siklus I sebesar 71,43% meningkat sebesar
90,48% pada siklus II. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan keaktifan
peserta didik dari siklus I ke siklus II sebesar 19,05%.
Maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain kartu kata
bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca kelompok Kelompok B TK
Al Battani Mranggen Demak tahun pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci :Metode Bermain, Media Kartu kata bergambar, dan Membaca
260/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain