Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO DI KB BERLIAN KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR - Cd Skripsi
ABSTRAK
Endang Sarwiasih (2620230441). Peningkatan kemampuan kognitif melalui
strategi pembelajaran menggunakan video di KB.Berlian Kecamatan
Kerjo,Kabupaten Karanganyar Skripsi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet Semarang 84 halaman
Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) menyatakan bahwa “Pendidikan Anak Usia
Dini ( PAUD ) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak
lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian
rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani
dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”
Mengembangkan potensi yang dimiliki anak sejak dini sebagai upaya
untuk mempersiapkan dan menyesuaikan dengan lingkungannya, sehingga
potensi diri bisa terbentuk secara optimal dengan pembinaan ,bimbingan dan
pendampingan yang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada
anak dimasa pandemi dengan kegiatan pembelajaran daring. Meskipun masa
pandemic berkepanjangan sangat mempengaruhi pola hidup dan pembiasaan
anak dirumah akan tetapi seluruh aspek perkembangan harus tetap terpenuhi
secara optimal.Adapun prinsip pembelajaran anak di rumah juga senantiasa
menggunakan metode belajar sambal bermain, sehingga kegiatan yang dilakukan
diupayakan kegiatan yang menarik dan menyenangkan untuk anak.
Perkembangan kognitif anak merupakan salah satu aspek terpenting yang
harus dicapai karena dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan di masa
yang akan datang.Pendampingan orang tua sangat penting untuk terwujudnya
keseimbangan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan video
sehingga pendidik dan peserta didik bersinergi dengan orang tua dan lingkungan
sekitarnya.
Hasil penelitian ini semoga mampu menghantarkan keberlangsungan kegiatan
pembelajaran menggunakan video sampai waktu yang tidak ditentukan,sehingga
anak tetap terpenuhi kebutuhan pendidikannya meskipun banyak kendala.
Kata kunci : kemampuan kognitif , pembelajaran, video
262/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain