Text
Skripsi : UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIKKASARMELALUI PERMAINAN MELOMPAT PUZZLE LANTAI KELOMPOKADI KB TARBIYAH AL HIDAYAH KREBET KECAMATANMASARANKABUPATEN SRAGEN - Cd Skripsi
ABSTRAK
Eny Haryanti (2620230465). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar
Melalui Permainan Melompat Puzzle Lantai Kelompok A KB TarbiyahAl
Hidayah Krebet Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen, Skripsi. FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 97 halaman. Anak usia dini adalah makhluk yang sedang berada dalammasaperkembangan. Anak usia dini merupakan sosok makhluk unik, yangtiapindividunya mempunyai karakter yang berbeda. Perkembangan adalah prosesseumur hidup dimana manusia akan terus tumbuh dan berkembang. Masa usiadini adalah masa emas (golden age) dalam rentang perkembangan seorangindividu. Pada masa ini anak mengalami tumbuh kembang yang luar biasa, baikdari segi fisik, motorik, emosi, kognitif, bahasa, psikososial dan seni
(Permendikbud, 2014). Masing-masing perkembangan saling berkaitan padatumbuh kembang anak salah satunya perkembangan fisik motorik. Perkembanganfisik motorik merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalamperkembangan individu karena menurut Diamond (Kim, dkk., 2016)
perkembangan fisik motorik telah disorot sebagai komponen penting dari
kesiapan sekolah. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainanpuzzle lantai terhadap perkembangan motorik kasar anak dalamhal melompat. Populasi yang digunakan yaitu kelompok A yang berjumlah 12 anak. Hal ini dapat di lihat dari adanya perkembangan anak didik yang terlihat
pada pra siklus penelitian di ketahui anak didik yang mencapai standar penilaianmulai berkembang masih 8 anak 66,67% dan berkembang sesuai harapan 4anakatau 33,3%. Pada siklus I anak mulai berkembang tinggal 4 anak atau 33,33%danberkembang sesuai harapan 8 anak atau 66,67%. Sedangkan pada siklus II anakyang berkembang sesuai harapan menjadi 10 anak atau 83,33%dan anakberkembang sangat baik ada 2 anak atau 16,67%. Kata Kunci : Puzzle Lantai, Kemampuan Motorik,
263/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain