Text
Skripsi : PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN“GROSS MOTOR SKILLS” DI POS PAUD TUNAS HARAPAN KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN - Cd Skripsi
ABSTRAK
Enny Handayani, NPM 2620230433 , judul skripsi ”Peningkatan
Keterampilan Motorik Kasar melalui permainan Gross Motor Skill Di POS PAUD
Tunas Harapan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet. 59 Halaman
Penjelasan Yudha dan Rudyanto (2005 : 117 ) menyatakan bahwa
motorik kasar merupakan kemampuan anak untuk beraktifitas dengan
menggunakan otot – otot besarnya kegiatan anak dalam beraktifitas sangat di
pengaruhi kemampuan motorik kasar yang di milikinya.aktifitas anak seperti
berjalan, berlari, melompat, memanjat, menangkap, menendang merupakan
kegiatan yang di lakukan oleh anakdalamkehidupan sehari-harinya. Jika
kemampuan anak dalam beraktifitas terhambat maka akan mempengaruhi aspek
perkembangan anak yang lain
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana cara meningkatkan
keterampilan motorik kasar anak di POS PAUD Tunas Harapan Kecaatan Plupuh
Kabupaten Sragen.
Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, subyek
penelitiannya adalah anak PAUD Tunas Harapan kisaran umur 3-4 tahun, dan
jumlah anak 22 yang terdiri dari 10 perempuan dan 12 laki-laki.teknik
pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, wawancara,
dokumentasi,analisis data yang di gunakan analisis prosentase .
Hasil penelitian di katakana berhasil apabila nilai ketuntasan Kemampuan
Motorik Kasar pada anak mencapai minimal 80%. Dari hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak meningkat melalui
permainan Gross Motor Skill yang di tandai dengan tingginya pencapaian
ketuntasan belajar, di mana pada penelitian Prasiklus anak didik memperoleh nilai
ketuntasan secara klasikal 27,27 %, pada penelitian Siklus I tingkat keberhasilan
mencapai 54,55 %. Karena pada siklus I belum berhasil, maka di lanjutkan pada
Siklus II yang tingkat keberhasilannya meningkat menjadi menjadi 81 %.
Penerapan model pembelajaran dengan Metode Gross Motor Skill mengefektifkan
para guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas untuk meningkatkan
Motivasi belajar anak.
Kata Kunci : Gross Motor Skill,Keterampilan, Motorik Kasar
264/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain