Text
Skripsi : PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK MTA GEMOLONG KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN - Cd Skripsi
ABSTRAK
Siti Maliah NPM 2620230431 Judul Skripsi : Penggunaan Media Kartu
Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Di TK
MTA Gemolong, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen. Skripsi. PG PAUD.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet.
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya anak usia dini di TK
MTA Gemolong dalam memahami bahasa anak usia dini. Hal ini disebabkan
kurang bervariasinya media, kurang menariknya media dan masih terbatasnya
media, sehingga anak-anak tidak tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan
dari penelitian ini adalah dengan adanya media kartu bergambar apakah dapat
berpengaruh terhadap anak-anak usia dini dalam mengembangkan kemampuan
bahasa .
Jenis Penelitian Tindakan Kelas ini dengan penelitian tindakan kelas yang
terdiri dalam bentuk siklus-siklus mulai dari tahap perencanaan, tindakan,
pengamatan dan refleksi. Subyek Penelitian yaitu anak kelompok A di TK MTA
Gemolong sebanyak 15 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan
data secara observasi dan dengan dokumentasi serta pengumpulan data
menggunakan data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan bahasa anak
kelompok A dari kondisi awal 31,6%, siklus 1 54,61% dan siklus 2 81,25%.
Sehingga kesimpulan penelitiannya adalah media kartu bergambar dapat
meningkatkan kemampuan berhitung dengan lambang bilangan 1 – 10 di TK
MTA Gemolong.
Kata kunci: Kemampuan Bahasa, media kartu bergambar
269/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain