Text
Skripsi : PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN PERAN MAKRO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI KB TARUNA ROBBANI KECAMATAN TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR -Cd Skripsi
ABSTRAK
Sri Hartini (2022). Penerapan Kegiatan Bermain Peran Makro
Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Kelompok
Usia 4-5 Tahun Di KB Taruna Robbani Kecamatan Tawangmangu
Kabupaten Karanganyar. Sripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Ivet Semarang. 71 Halaman.
Anak kelompok usia 4-5 Tahun di KB taruna Robbani
Tawangmangu berjumlah 15 anak, dari jumlah tersebut sebagian besar dari
jumlah anak masih membutuhkan motivasi dalam beberapa aspek
perkembangan anak, terutama pada aspek perkembangan bahasa, dan lebih
spesifik lagi adalah perkembangan bahasa ekspresif. Beberapa masalah yang
dijumpai adalah, Anak-anak tersebut mengalami kesulitan dalam
mengungkapkan bahasa/ berbicara dalam bahasa jawa/indonesia, beberapa
anak belum bisa mengulang kalimat sederhana, perbendaharaan kata anak
juga belum banyak, mereka masih kesulitan untuk menyampaikan pendapat
dengan kalimat yang benar. Anak-anak belum mampu berpartisipasi secara
aktif dalam percakapan, dan anak belum bisa menyatakan alasan terhadap
sesuatu yang diinginkan.
Tujuan penelitian ini adalah ingin mendiskripsikan peningkatan
kemampuan berbahasa ekspresif anak pada kelompok usia 4-5 tahun di KB
Taruna Robbani Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
Gabungan kualitatif dan kuantitatif. Yaitu dengan metodologi PTK
(Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini melalui tahap Prasiklus, Siklus 1
Dan Siklus 2.
Berdasarkan pelaksanaan penelitian yang dilakukan pada
pengembangan ketrampilan bahasa ekspresif melalui kegiatan bermain peran
makro penulis dapat menarik kesimpulan bahwa, Dengan kegiatan bermain
peran makro sangat efektif untuk meningkatkan ketrampikan berbahasa
ekspresif anak. Hasil capaian ketuntasan anak-anak tersebut dapat
mengungkapkan bahasa/ berbicara dalam bahasa jawa/Indonesia 80% , anak
bisa mengulang kalimat sederhana 80%, perbendaharaan kata anak 86,67%,
mereka bisa menyampaikan pendapat dengan kalimat yang benar 80%. Anakanak mampu berpartisipasi secara aktif dalam percakapan 86,67%, dan anak
bisa menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan 86,67%.
Kata Kunci : Bahasa Ekspresif Anak, Bermain Peran Makr
272/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain