Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DIDIK DENGAN METODE MERONCE MEDIA BAHAN ALAM DAN BUATAN DI KB ASYROF DESA GRINGGING KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN -Cd Skripsi
ABSTRAK
Sri Rahayu (2022). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Didik Dengan
Metode Meronce Media Bahan Alam Dan Buatan Di KB Asyrof Desa
Gringging Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen Sripsi. Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang..................Halaman
Anak kelompok B di KB Asyrof Desa Gringging berjumlah 10 anak, dari
jumlah tersebut sebagian besar dari jumlah anak masih membutuhkan motivasi
dalam beberapa aspek perkembangan anak, terutama pada aspek perkembangan
motoric halus, dan lebih spesifik lagi adalah perkembangan kretivitas meronce.
Beberapa masalah yang dijumpai adalah, Anak-anak tersebut mengalami kesulitan
dalam kreativitas meronce, beberapa anak belum bisa meronce sederhana,
meronce kurang kreatif dengan bahan alam, mereka masih kesulitan untuk
meronce dengan kreatif menggunakan bahan alam dan buatan. Anak-anak belum
mampu berpartisipasi secara aktif dalam meronce, dan anak belum bisa membuat
roncean dengan ide atau kreasinya sendiri.
Tujuan penelitian ini adalah ingin mendiskripsikan peningkatan
kreativitas anak didik dengan metode meronce media bahan alam dan buatan di
KB Asyrof Desa Gringging Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
Gabungan kualitatif dan kuantitatif. Yaitu dengan metodologi PTK (Penelitian
Tindakan Kelas). Penelitian ini melalui tahap Prasiklus, Siklus 1 Dan Siklus 2.
Berdasarkan pelaksanaan penelitian yang dilakukan pada pengembangan
kreativitas anak didik dengan metode meronce media bahan alam dan buatan
penulis dapat menarik kesimpulan bahwa, Dengan metode meronce media bahan
alam dan buatan anak. Anak-anak tersebut dapat meningkatkan kreativitas anak,
anak bisa menirukan macam- macam bentuk roncean, anak lebih berani membuat
roncean sesuai yang mereka inginkan.
Kata Kunci : Metode Meronce, Bahan Alam dan Buatan
274/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain