Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK B TK AISYIYAH AL JAFAR DESA DAWUNG, KECAMATAN JENAR, KABUPATEN SRAGEN -Cd Skripsi
ABSTRAK
Nurgiyanti (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan
Pada Anak Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelompok B TK
Aisyiyah Al Ja’far Desa Dawung, Kecamatan Jenar, Kabupaten Sragen.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. 51 halaman.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan
membaca permulaan pada anak kelas B TK Aisyiyah Al Ja’far Desa Dawung,
Kecamatan Jenar, Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2021/2022 melalui
penggunaan media gambar. Sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak usia
dini melalui penggunaan media gambar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
tindakan ini adalah anak kelas B TK Asyiyah Al Ja’far Dawung, Jenar, Sragen
berjumlah 15 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru
kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penguasaan membaca
anak kelas B TK Aisyiyah Al Ja’far Tahun 2021/2022 sebelum dilaksanakan
Penelitian Tindakan Kelas yaitu anak yang dapat membaca secara lancar sebesar
20 %. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menggunakan
media gambar pada proses pembelajaran kemampuan membaca permulaan
diperoleh hasil siklus I menjadi 66,7%, siklus II meningkat menjadi 86,7 %. Hasil
penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil
Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang
menyatakan”Diduga dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan
kemampuan membaca permulaan anak kelas B TK Aisyiyah Al Ja’far Tahun
pelajaran 2021/2022”terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Kata kunci: media pembelajaran, media gambar, kemampuan membaca
permulaan
276/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain