Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI KB ASYROF DESA GRINGGING KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN -Cd Skripsi
ABSTRAK
Nurkanah (2022). Upaya meningkatkan perkembangan nilai agama dan
moral anak melalui metode pembiasaan pada anak kelompok b di kb asyrof
desa gringging kecamatan sambungmacan kabupaten sragen. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet. 96 halaman.
Penanaman nilai-nilai agama dan moral harus diamalkan kepada peserta
didik sejak usia dini serta didukung oleh pihak-pihak terkait seperti orang tua,
lembaga, pendidikan, pemerintah maupun pihak-pihak lain. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Meningkatkan nilai-nilai agama Islam dan
Moral pada anak kelompok B di KB Asyrof Desa Gringging Kecamatan
Sambungmacan Kabupaten Sragen, 2) Metode Pembiasaan yang digunakan dalam
meningkatkan nilai-nilai agama Islam dan Moral pada anak kelompok B di KB
Asyrof Desa Gringging Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen, 3)
Bagaimana faktor pendukung serta penghambat penanaman nilai-nilai agama
Islam dan moral pada anak kelompok B di KB Asyrof Desa Gringging Kecamatan
Sambungmacan Kabupaten Sragen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai-nilai agama dan
moral anak melalui metode Pembiasaan di KB Asyrof Desa Gringging Kecamatan
Sambungmacan Kabupaten Sragen.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari tiga siklus. Tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa
kelompok B usia 4-5 tahun, di KB Asyrof desa Gringging Kecamatan
Sambungmacan Kabupaten Sragen.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai-nilai agama dan
moral dalam meniru gerakan ibadah salat, menghafal do’a, mengenal prilaku
baik/sopan siswa setelah diterapkannya metode pembiasaan. Hasil ketuntasan
belajar siswa pada pra siklus adalah 26,67 % kemudian pada siklus I mulai ada
peningkatan yaitu 53,33% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 80%.
Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa, peningkatan nilai-nilai
agama dan moral dengan metode pembiasaan pada materi tentang gerakan ibadah
salat, menghafal do’a, mengenal prilaku baik/sopan, dapat meningkatkan nilainilai agama dan moral. Dengan demikian, metode pembiasaan ini layak
diterapkan sebagai metode alternatif yang dapat digunakan pada proses
peningkatan nilai-nilai agama dan moral di KB Asyrof desa Gringging
Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen.
Kata kunci : Perkembangan nilai agama dan moral, metode pembiasaan, anak
usia dini
277/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain