Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DENGAN METODE KOLASE SERUTAN PENSIL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PELITA NUSANTARA MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR -Cd Skripsi
ABSTRAK
Rini Susilowati (2022) “Upaya Meningkatkan Motorik Halus Dengan Metode
Kolase Serutan Pensil Pada Anak Kelompok B Di Tk Pelita Nusantara
Mojogedang Kabupaten Karanganyar” Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
Universitas IVET Semarang.
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi anak khususnya pada
kegiatan kolase masih sangat rendah karena dari 15 anak hanya 2 anak yang tuntas
menyelesaikan kegiatan motorik halus sehingga masih ada 13 anak yang belum
tuntas dalam menyelesaikan kegiatan motorik halus , hal ini dapat dilihat saat
proses pembelajaran berlangsung, selain itu tidak sedikit anak yang mengalami
gangguan motorik halusnya.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui
kolase serutan pensil pada anak kelompok B di TK Pelita Nusantara Mojogedang
Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak kelompok B masih memerlukan banyak
stimulasi yang diberikan khususnya pada keterampilan motorik halus anak.
Metodologi penelitian ini adalah Jenis penelitian tindakan kelas. Dari hasil
observasi yang telah penulis laksanakan, kegiatan pembelajaran kolase di Pelita
Nusantara Mojogedang dapat dipaparkan sebagai berikut, motivasi anak
khususnya pada kegiatan kolase masih sangat rendah karena dari 15 anak hanya
2 anak yang tuntas menyelesaikan kegiatan motorik halus sehingga masih ada 13
anak yang belum tuntas dalam menyelesaikan kegiatan motorik halus , hal ini
dapat dilihat saat proses pembelajaran berlangsung, selain itu tidak sedikit anak
yang mengalami gangguan motorik halusnya antara lain : kurang dapat berpikir
logis, kurang memiliki kemampuan menganalisa, kurang dapat menghubungkan
kejadian yang satu dengan kejadian yang lainnya, daya fantasinya sangat lemah,
daya konsentrasinya kurang baik karena mengalami gangguan pada motorik
halusnya. Sehingga diharapkan dengan adanya penelitian ini Motorik halus
peserta didik dapat meningkat 85 % dari jumlah anak..
Hasil penelitian tindakan pada siklus I, dan siklus II dapat dijabarkan sebagai
berikut: Nilai yang diperoleh peserta didik pada siklus 1 Peserta didik yang tuntas
pada pembelajaran ini sebanyak 8 peserta didik atau 54% dari jumlah keseluruhan
peserta didik, sedangkan peserta didik yang belum tuntas ada 7 peserta didik atau
46% dari jumlah peserta didik.Nilai yang diperoleh peserta didik pada siklus II
mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I. Peserta didik yang tuntas
pada pembelajaran ini sebanyak 13 peserta didik atau 86% dari jumlah
keseluruhan peserta didik, sedangkan peserta didik yang belum tuntas ada 2
peserta didik atau 14% dari jumlah peserta didik.
Kata Kunci: keterampilan motorik halus, kolase serutan pensi
279/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain