Text
Skripsi : “EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI MA AN NUR BAKALREJO DEMAK MASA PANDEMI COVID” - CD Skripsi
ABSTRAK
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN
TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN
KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI MA AN NUR
BAKALREJO DEMAK MASA PANDEMI COVID
OLEH
MUHAMMAD CHOIRUL FALAH
Disiplin yang perlu ditumbuhkan peserta didik bertujuan untuk membantu
peserta didik menumbuhkan jati diri, mengatasi dan mencegah timbulnya masalah
terkait disiplin, berusaha menciptakan suasana aman dan nyaman, berdasarkan hasil
wawancara dengan guru BK di MA An Nur Bakalrejo Guntur Demak menjelaskan
bahwa adanya peserta didik yang memiliki seperti datang dan pulang sekolah tidak
tepat waktu, membolos saat jam pelajaran, menentang peraturan dan membuat
keributan di dalam kelas. Kedisiplinan peserta didik tidak hanya ditingkatkan
dengan teguran secara verbal. Maka kedisiplinan harus di tingkatakan dengan
pemberian reward atau token economy pada peserta didik. Token Economy adalah
salah satu teknik modifikasi perilaku dengan cara pemberian token. Rumusan
masalah dari penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dengan
teknik token economy dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas XI di
MA An Nur Bakalrejo Guntur Demak pada tahun 2020/2021?
Tujuan yang ingin dicapai penulis dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui bahwa teknik token economy dalam layanan bimbingan kelompok
efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di kelas XI MA An Nur
Bakalrejo Guntur Demak tahun pelajaran 2020/2021
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas Reliabiitas
sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MA An Nur Bakalrejo Guntur
Demak yang berjumlah 30 siswa yang dikategorikan disiplin rendah. Sampel
diambil dari purposive sampling. Analisis data menggunakan SPSS.
Hasil diketahui Ho > (0,801 Ha > 0,361), hal ini menunjukkan bahwa Ho
ditolak dan Ha diterima selain itu didapat nilai rata rata uji validitas realibilitas
(0,842 > 0,889). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan
kelompok dengan teknik token economy efektif untuk meningkatkan kedisiplinan
peserta didik kelas XI MA An Nur Bakalrejo Guntur Demak tahun pelajaran
2020/2021.
Kata Kunci : bimbingan kelompok, Kedisiplinan belajar, teknik token economy
014/BK/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (Bimbingan Konseling) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain