Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS X TAV SMK PALAPA SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Irma Yuliani (2021), “Upaya Meningkatkan Perilaku Asertif melalui Layanan
Bimbingan Kelompok menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas X TAV
SMK
Palapa Semarang”, Semarang, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET Semarang. 122 halaman.
Perilaku asertif adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk dapat
berkomunikasi dengan orang lain, jujur terbuka, apa adanya dan tidak takut
tentang apa yang dipikirkan dan dirasakannya namun tetap menghargai hak-hak
serta perasaan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
perilaku asertif siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok
menggunakan media audiovisual kelas X TAV SMK Palapa Semarang, untuk
mengetahui perilaku asertif siswa sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok
menggunakan media audiovisual kelas X TAV SMK Palapa Semarang, dan
Apakah layanan bimbingan kelompok menggunakan media audiovisual dapat
meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X TAV SMK Palapa Semarang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
Eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah True
Experimental Design (eksperimen yang betul-betul). Desain penelitian
eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control
group design. Penelitian dilakukan di SMK Palapa Semarang dengan mengambil
subjek penelitian yakni siswa kelas X TAV. Teknik sampling yang digunakan
adalah random simple sampling atau acak, sampel yang diambil 20 siswa terbagi
menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol,
Kelompok eksperimen 10 siswa dan kelompok kontrol 10 siswa. Kelompok
eksperimen diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan media
audiovisual sedangkan kelompok kontrol diberikan layanan bimbingan kelompok
tanpa menggunakan media audiovisual. Metode pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan skala likert. Alat yang digunakan adalah kuesioner atau angket
perilaku asertif yang telah diujikan.
Dari hasil deskriptif uji paired sample t-tes nilai minimal pada jumlah
pretest kelompok eksperimen sebesar 30 sedangkan nilai minimal pada jumlah
posttest kelompok eksperimen sebesar 60. Hasil nilai rata-rata post-test kelompok
eksperimen yaitu 53,00 lebih besar dari nilai pre-test kelompok eksperimen yaitu
42,90. Dalam analisis presentase pada posttest kelompok eksperimen sebesar 87%
termasuk dalam kategori tinggi sedangkan presentase dalam pretest kelompok
eksperimen sebesar 75% termasuk dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan
bahwa perilaku asertif siswa kelas eksperimen meningkat setelah dilakukan
bimbingan kelompok menggunakan media audiovisual.
Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan
kelompok menggunakan media audiovisual berupa video dapat meningkatkan
perilaku asertif siswa kelas X TAV SMK Palapa Semarang sesudah diberikan
perlakuan.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Media Audiovisual, Perilaku
Asertif
015/BK/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (Bimbingan Konseling) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain