Text
Skripsi : PENINGKATAN KETRAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI METODE GERAK DAN LAGU KELOMPOK A TK TRI WIDODO CANDIGARON KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022 -Cd Skripsi
ABSTRAK
Mustharbiyatun Nikmah (2022). Peningkatan Ketrampilan Motorik Kasar
Anak melalui Metode Gerak dan Lagu Kelompok A TK Tri Widodo
Candigaron. Skripsi. PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Ivet. 142 Halaman.
Meningkatkan keterampilan gerak dan fisik, keterampilan fisik dan gerak
anak juga berhubungan erat dengan kegiatan bermain yang merupakan aktivitas
utama anak usia dini. Seringkali anak melakukan Gerakan-gerakan spontan saat ia
sedang bernyanyi mengikuti lirik lagu yang dinyanyikan. Namun di TK Tri
Widodo Candigaron khususnya kelompok A pembelajaran motoric kasarnya
masih kurang, dibuktikan dengan nilai motoric kasar anak yang masih rendah,
sebab pembelajaran di TK Tri Widodo hanya berpusat pada lembar kerja, dan
kegiatan pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan kemampuan
ketrampilan motorik kasar melalui gerak dan lagu anak yang masih kurang
optimal dan maksimal pada kelompok A TK Tri Widodo Candigaron Kecamatan
Sumowono Kabupaten Semarang tahun ajaran 2021/2022. (2) Untuk mengetahui
proses pembelajaran dalam peningkatan ketrampilan motoric kasar anak melalui
metode gerak dan lagu pada anak kelompok A TK Tri Widodo Candigaron
Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas. Subjek pada penelitian
ini yaitu 15 siswa kelompok A TK Tri Widodo Candigaron yang terdiri dari 7
siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Variabel yang akan diteliti sebagai objek
Tindakan yaitu variable x motoric kasar dan variable y bermain gerak dan lagu.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali
pertemuan. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan
kualitiatif.
Hasil penelitian ini adalah metode gerak dan lagu dapat meningkatkan
ketrampilan motoric kasar anak kelompok A TK Tri Widodo Candigaron terbukti
pada hasil penilaian motoric kasar anak di setiap pertemuan mengalami
peningkatan. Pada akhir penelitian yaitu siklus II pertemuan ke 3 terdapat nilai
anak yang memenuhi kriteria BSH yaitu 80%.
Kata kunci : motoric kasar, metode gerak dan lagu
287/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain