Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI MENGENAL WARNA DARI BAHAN ALAM PADA KELOMPOK A TK TUNAS HARAPAN JUBELAN KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021 / 2022 -Cd Skripsi
ABSTRAK
Hesti Astria Wijayanti, NPM. 2620130156 “Peningkatan Kemampuan Kognitif
Anak Melalui Metode Demonstrasi Mengenal Warna Dari Bahan Alam Pada
Kelompok A TK Tunas Harapan, Desa Jubelan, Kecamatan Sumowono,
Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021 / 2022”. Skripsi PG PAUD. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang, 2022. 107 Halaman
Tujuan Penelitian ini adalah 1). Untuk meningkatkan kemampuan kognitif
anak dalam mengenal warna dari bahan alam yang ada disekitar anak. 2). untuk
meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media bahan alam untuk
meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna pada kelompok
A di TK Tunas Harapan, Desa Jubelan, Kec. Sumowono, Kab. Semarang 2022.
Penelitian Tindakan Kelas ini (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, setiap
siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dan
tiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Hasil dari pelaksanaan siklus I
diperoleh ketuntasan dan pada siklus II hasil ketuntasan meningkat. Melihat nilai
tersebut hasil siklus I dan II kemampuan anak sudah meningkat.
Kesimpulan (a) Dengan mengenalkan warna melalui metode demonstrasi
dari bahan alam, Aktivitas anak meningkat, Presentase aktivitas anak dengan nilai
46% dengan kriteria cukup, pada siklus 1, dan kriteria baik hanya 54%,
Meningkat menjadi 20 % dengan kriteria Cukup, pada siklus 2 meningkat
menjadi 83% untuk kriteria Baik. (b) Hasil belajar anak dalam mengenal warna
pada siklus 1 ketuntasan klasikal anak sebesar 6 anak yang masuk kriteria Cukup,
dan 7anak kriteria Baik, Pada siklus ke 2, 11 anak kriteria Baik, dan 2 anak
kriteria Cukup. (c) Pelaksanaan proses pembelajaran melalui metode demonstrasi
pengenalan warna dari bahan alam di TK Tunas Harapan, Kec. Sumowono, Kab.
Semarang dapat secara efektif meningkatkan kinerja guru pada proses
pembelajaran yang dilakukan pada siklus 1 Jumlah skor yang didapat adalah baik,
Kemudian mengalami peningkatan pada pertemuan siklus ke-2 sampai siklus ke-2
yaitu dengan nilai skor sangat baik.
Kata kunci : Kemampuan kognitif, mengenal warna, metode demonstrasi, media
bahan alam
288/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain