Text
Skripsi : PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE POSTER COMMENT SISWA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA REGUNUNG 1 KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/ 2022 -Cd Skripsi
ABSTRAK
Desy Wulandari,Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Berjudul
“Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Poster
Comment Siswa Kelompok B Tk Dharma Wanita Regunung 1
Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/
2022. 2022. 112 halaman.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan anak
dalam berbicara,ini terlihat dari kemampuan berbicara, menyusun kalimat,
menceritakan sesuatu ataupun mengomentari sesuatu masih rendah.
Tujuan Penelitian adalah Untuk meningkatkan keterampilan
berbicara melalui metode Poster Comment pada Siswa Kelompok B TK
Dharma Wanita Regunung 1 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang
Tahun Ajaran 2021/2022 dan Untuk mengetahui metode pembelajaran
dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di Kelompok B TK
Dharma Wanita Regunung 1 Tahun Ajaran 2021/2022.
Dalam pelaksanaannya, peneliti menggunakan metode penelitian
tindakan kelas. Dengan subjek sebanyak 16 siswa.Instrument
penggumpulan data menggunakan instrumen observasi,dokumentasi dan
wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan
Siklus II, dengan masing – masing tahapan, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan metode Poster
Comment dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B
TK Dharma Wanita Regunung 1 Kecamatan Tengaran Kabupaten
Semarang Tahun Ajaran 2021/2022 ,dapat di lihat dari nilai tuntas dari
tiap indikator di setiap siklusnya, yaitu nilai indikator kosakata dari pra
siklus 12,5% menjadi 43,75% di siklus 1, setelah di lakukan perbaikan di
siklus 2 meningkat menjadi 87,5 %. Untuk indikator menjawab pertanyaan
dari pra siklus adalah 18,7% ,kemudian menjadi 25% di siklus 2 ,setelah di
lakukan perbaikan lagi menjadi 81,25 %, untuk indikator menceritakan
kembali isi poster di pra siklus adalah 12,5% ,kemudian di siklus 1 masih
tetap di 12,5 %,setelah di siklus 2 di lakukan perbaikan meningkat menjadi
81,25%.
Untuk itu Guru bisa menggunakan metode Poster Comment untuk
meningkatkan keterampilan berbicara.
Kata kunci : keterampilan berbicara, metode poster comment
289/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain