Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1 SAMPAI 10 MENGGUNAKAN MEDIA ANAK TANGGA PADA ANAK KELOMPOK A RA MASITHOH CERBONAN KEC BANYUBIRU KAB SEMARANG TAHUN 2022 -Cd Skripsi
ABSTRAK
Megar Kisworo. Peningkatan Kemampuan Mengenal angka 1 Sampai
10 Menggunakan Media Anak Tangga Pada Anak Kelompok A RA Masithoh
Cerbonan Kec Banyubiru, Kab Semarang Tahun 2022 Semarang. PG.PAUD.
Universitan IVET Semarang. 2022.
Tujuan Penelitian ini adalah 1).Untuk mengetahui kemampuan guru dalam
pembelajaran mengenal Angka 1 sampai dengan 10 menggunakan Media Anak
Tangga pada Anak Kelompok A RA Masithoh Cerbonan Kec Banyubiru, Kab
Semarang Tahun 2022, 2). Untuk mengetahui respon/ aktifitas belajar siswa
dalam mengenal Angka 1 sampai dengan 10 menggunakan Media Anak Tangga
pada Anak Kelompok A RA Masithoh Cerbonan Kec Banyubiru, Kab Semarang
Tahun 2022, dan 3). Untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal
Angka 1 sampai dengan 10 menggunakan Media Anak Tangga pada Anak
Kelompok A RA Masithoh Cerbonan Kec Banyubiru, Kab Semarang Tahun 2022.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas
(Classroom Action Research), Penelitian Tindakan Kelas dapat didefinisikan
untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakan guru dalam
melaksanakan tugas sehari-hari, memperdalam pemahaman tentang tindakantindakan yang dilakukan, serta memperbaiki kondisi praktik-praktik pembelajaran
yang dilakukan serta subjek yang akan diteliti adalah anak kelompok A RA
Masithoh Cerbonan Kec Banyubiru, Kab Semarang Tahun 2022 dengan jumlah
15 anak yang terdiri dari 9 Perempuan dan 6 laki-laki dan peneliti dalam
penelitian ini sebagai guru pelaksana tindakan.
Hasil penelitian Pada siklus I pertemuan awal diketahui bahwa rata-rata
skor adalah 1,85 termasuk dalam kategori kurang. Rata-rata anak belum mampu
menulis angka 1-10 dengan benar, belum mampu mengurutkan angka 1-10
dengan tepat serta masih bingung dalam memasangkan angka 1-10 sedangkan
pada siklus I pertemuan kedua Prosentase perolehan skor masih belum maksimal
dan jauh dari harapan. Siswa kategori kurang sebanyak 6 anak atau 40 %
sedangkan kategori cukup 9 anak atau 60 %. Pada siklus II pertemuan I rata-rata
anak mampu menghitung angka 1-10 dan mampu menyebut angka 1-10. Ada 13
anak yang mendapat skor 3 mampu menulis angka 1-10 dengan benar. Jadi,
peningkatan sudah berkembang dengan baik. Prosentase perolehan skor siswa
yang tuntas ada 11 anak atau 73% sedangkan pada siklus II Pertemuan II, Anak
sudah mampu menghitung angka 1-10, mampu menyebut angka 1-10, mampu
menulis angka 1-10 dengan benar, mampu mengurutkan angka 1-10 dengan tepat
dan mampu memasangkan angka 1-10. Jadi, Siswa yang kategori sudah tuntas ada
12 anak atau 80%
Kata kunci : Mengenal angka 1 Sampai 10 Menggunakan Media Anak Tangga
291/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain