Text
Skripsi : PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PRODI BK FKIP DI UNIVERSITAS IVET SEMARANG _CD Skripsi
ABSTRAK
Wahyu Indrawati (2021) “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat
Belajar Mahasiswa Prodi BK FKIP di Universitas IVET Semarang”.Skripsi
Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas
IVET Semarang. 50 Halaman
Berdasarkan observasi dan wawancara dengan mahasiswa BK di Universitas
IVET Semarang diperoleh data bahwa mahasiswasemester 4 dan 6 mempunyai
masalah minat belajar yang rendah karena pembelajaran daring. Hal ini di sebabkan
oleh beberapa faktor adalah belajar tidak teratur, tidak disiplin dalam belajar, tidak
tahu bagaimana cara berkonsentrasi dalam belajar, mengabaikan masalah pengaturan
waktu dalam belajar, kurang menariknya cara belajar yang harus mahasiswa hadapi
setiap hari dan kurang semangat.Tujuan penelitian ini adalah untuk
membuktikan“Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa prodi
BK FKIP di Universitas IVET Semarang”.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan penelitian
kuantitatif dengan metode korelasional yakni penelitian yang dilakukan untuk
mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih yang bersifat sebab akibat atau
disebut dengan hubungan kausal. Pemilihan metode penelitian korelasi ini untuk
mengetahui adakah pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa
prodi BK FKIP di Universitas IVET Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa BK FKIP semester 4 dan 6 yaitu 35mahasiswa, dengan sampel yang di
ambil yakni 35mahasiswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan
observasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang
signifikan antara pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa BK semester
4 dan 6 Universitas IVET Semarang. Hal ini diketahui berdasarkan hasil analisis
korelasi product moment sebesar 0,861 dengan nilai signifikan sebesar 0,000, yang
menunjukan bahwa terdapat korelasi atau pengaruh yang kuat dan signifikan antara
pembelajaran daring dengan minat belajar mahasiswa BK semester 4 dan 6
Universitas IVET Semarang karena nilai p lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), yang
berarti semakin kuat pelaksanaan pembelajaran daring maka semakin kuat atau
banyak juga mahasiswa yang akan memiliki minat belajar.Pengaruh pembelajaran
daring terhadap minat belajarmahasiswa BK semester 4 dan 6 Universitas IVET
Semarang yaitu sebesar 66%.Hasil tersebut diperoleh berdasarkan dari hasil analisis
regresi linear sederhana pada tabel yang memperoleh koefisien determinan (R
Square) sebesar 0,665.Maka dapat simpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran
daring (variabel X) terhadap minat belajar (variabel Y) sebesar 66%.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Minat Belajar
016/BK/PUS/II/2021 | 378.2 IND p | Perpustakaan Pusat (Bimbingan Konseling) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain