Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP ANGKA MELALUI MEDIA DISPLAY PAPAN TIKAR PADA ANAK KELOMPOK A TK PGRI 01 KEBUMEN KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022 -Cd Skripsi
ABSTRAK
Vita Ayu Rejeki (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Knsep Angka
Melalui Media Display Papan Tikar Pada Anak Kelompok A TK PGRI 01
Kebumen Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022.
Prodi PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 81
halaman.
Latar belakang Penelitian ini adalah kondisi riil kemampuan mengenal
konsep angka pada anak kelompok A TK PGRI 01 Kebumen, Kecamatan
Banyubiru, Kabupaten Semarang belum berkembang secara maksimal. Masih
banyak ditemui anak yang belum memahami tentang konsep bilangan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar
melalui permainan menjala ikan.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
metode kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun.
Tehnik pengumpulan data dengan observasi dan dokumantasi. Instrumen yang
digunakan adalah lembar observasi. Tehnik analisis data menggunakan deskriptif
kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I
dan sikuls II masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan.
Hasil tindakan penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan
mengenal konsep angka pada anak kelompok A TK PGRI 01 Kebumen. Dari siklussiklus kegiatan diperoleh hasil sebagai berikut: Pra Siklus presentase nilai rata-rata
diperoleh nilai tuntas sebesar 38% dan nilai tidak tuntas sebesar 72%. Siklus I
presentase nilai rata-rata diperoleh nilai tuntas sebesar 68% dan nilai tidak tuntas
32%. Hal ini disebabkan antara lain : (a) media display papan tikar yang digunakan
masih kurang variatif, (b) masih banyak anak yang kesulitan dalam mengenal angka
6-10 karena anak sebelumnya belum terbiasa dalam mengenal bentuk angka
tersebut. Pada siklus II, persentase keberhasilan dalam pelaksanaan mengenal
konsep angka melalui media display papan tikar lebih meningkat, dilihat dari
presentase nilai rata-rata diperoleh nilai tuntas sebesar 91% dan nilai tidak tuntas
sebesar 9%, indicator keberhasilan ini melebihi yang penulis targetkan yaitu 85%.
Dari hasil analisis pada bab IV disimpulkan bahwa: Melalui Media Display
PApan Tikar dapat Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Pada
Kelompok A TK PGRI 01 Kebumen, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang,
Tahun Ajaran 2021/2022.
Kata kunci : Mengenal Konsep Angka, Anak, Media Display Papan Tikar.
292/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain