Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK
DENGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN
BONEKA TANGAN DI KELOMPOK B TK ABA 02
WONOREJO KENDAL -Cd Skripsi

Text

Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DENGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN DI KELOMPOK B TK ABA 02 WONOREJO KENDAL -Cd Skripsi

Hidayati , Nourma - Nama Orang;

ABSTRAK
Nourma Hidayati,NPM.2619130104. Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak
Dengan Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan di Kelompok B TK
ABA 02 Wonorejo Kendal. Semarang. PG PAUD. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas IVET Semarang. 2022. 114 halaman.
Kondisi awal kemampuan berbahasa anak di kelompok B TK ABA 02
Wonorejo Kendal,rata-rata masih sangat kurang. dari hasil observasi pra siklus
diketahui bahwa tingkat kemampuan berbahasa anak masih rendah.hal ini dapat
dilihat dari jumlah keseluruhan 14 anak hanya 2 anak yang memiliki kemampuan
bahasa dengan baik.4 anak dapat memahami isi cerita tetapi kesulitan dalam
menyampaikan kembali, 8 anak masih membutuhkan motivasi dan bimbingan
dalam bercerita serta memahami arti kata dengan baik. Sehingga kemampuan
berbahasa anak dapat meningkat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara penggunaan
boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di
TK ABA 02 Wonorejo Kendal.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kelas (PTK). Subjek penelitiannya
adalah siswa kelompok B TK ABA 02 Wonorejo dengan jumlah 14 anak yang
terdiri dari 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Prosedur penelitian meliputi :
perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan ( observation),dan
menganalisi data / informasi untuk memutuskan sejauh mana kelebihan atau
kelemahan tindakan tersebut (reflecting)
Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan dan analisis data yang
disajikan,maka disimpulkan bahwa metode bercerita menggunakan boneka tangan
dapat meningkatkan kemampuan Bahasa anak di kelompok B TK ABA 02
Wonorejo Kendal.hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada siklus I dimana
pencapaian kemampuan berbahasa anak dalam kategori Belum Brkembang (BB)
sebesar 0%,,Mulai Berkembang (MB) sebesar 21%,Berkembang Sesuai Harapan
(BSH) Sebesar 29% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 50%.Kemudian pada
Siklus II kemampuan anak pada kategori Belum Berkembang (BB) sebesar 0%,
Mulai Berkembang (MB) sebesar 0%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
sebesar 14% dan BSB sebesar 86%..Hasil pengamatan dari siklus II menunjukkan
bahwa kemampuan berbahasa anak sudah meningkat dengan sangat baik atau
melebihi indikator ketuntasan dalam pembelajaran yaitu perolehan Berkembang
Sesuai Harapan (BSB) minimal 75%. Sehingga tidak perlu dilakukan perbaikan
pembelajaran atau dengan kata lain penelitian ini dikatakan berhasil.
Kata kunci : Kemampuan Berbahasa, Bercerita, Boneka Tangan


Ketersediaan
293/PAUD/PUS/II/2022378Perpustakaan Pusat (Skripsi)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
378
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
21x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG - PAUD
293./PAUD/PUS/II/2022
2619130104
Nourma Hidayati
Info Detail Spesifik
Hard Cover Skripsi Warna Biru Cd Skripsi Jurusan PG Paud
Pernyataan Tanggungjawab
Nourma Hidayati
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DENGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN DI KELOMPOK B TK ABA 02 WONOREJO KENDAL
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DENGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN DI KELOMPOK B TK ABA 02 WONOREJO KENDAL
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DENGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN DI KELOMPOK B TK ABA 02 WONOREJO KENDAL
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik