Text
Skripsi : PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENIRU KATA MELALUI METODE TARJIM PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT ASSALAM BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022 -Cd Skripsi
ABSTRAK
Zuhriyatul Muarifah.2022. NPM. B2618110382, Judul Skripsi “Perkembangan
Kemampuan Meniru Kata Melalui Metode Tarjim Pada Anak Usia 4-5
Tahun Di TKIT Assalam Bandungan Kabupaten Semarang”.Skripsi:
Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Universitas Veteran (UNISVET) Semarang,
1.Siti Maemunah,M.S.I, 2.Tugiono,SH,MH.
Kata Kunci : Meniru Kata, Metode Tarjim
Berdasarkan hasil penelitian awal yang penulis laksanakan banyaknya
profesi orang tua di TKIT Assalam yang menjadikan waktu mereka kurang untuk
anak baik mengawasi,mendidik, serta merangsang tumbuh kembang anak baik di
agama maupun ilmu yang lain, khususnya pembelajaran tarjim. Metode tarjim
dapat merangsang aspek perkembangan bahasa anak khusunya menambah
kosakata. Metode tarjim mengatasi keinginan orang tua dalam pendidikan agama.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian
ini bertujuan untuk memeperoleh gambaran dilapangan upaya guru dalam
mengembangkan kemampuan meniru kata anak usia 4-5 tahun di TKIT Assalam.
Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan peningkatan kemampuan meniru
kata melalui metode tarjim pada anak usia 4-5 tahun di TKIT Assalam Bandungan
Kabupaten Semarang sesuai dengan hipotesis awal peneliti, bahwa dengan adanya
metode tarjim kosakata anak dapat meningkat. Guru sudah melakukan kegiatan
simulasi satu dan dua menggunakan metode tarjim dengan berbagai teknik
pengajaran yang menyenangkan bagi anak. Cara pembelajaran metode tarjim
adalah guru membacakan perlafadz 7X, anak menirukan perlafadz 7X, guru
membacakan perkalimat 7X, anak menirukan perkalimat 7X. Hasil penelitian di
lapangan menunjukkan metode tarjim dapat meningkatkan perkembangan bahasa
khusunya kosakata, menceritakan kembali isi surat, mengenal kata yang sering
muncul selain itu muncul berbagai aspek perkembangan lain diantaranya: moral
dan agama, sosial emosional, motorik halus, kognitif, dan seni.
294/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain