Text
Skripsi : PENERAPAN METODE BERMAIN DENGAN MEDIA TOLKASMIN DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN BILANGAN 1-10 PADA PESERTA DIDIK PAUD YSS GONDORIYO KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG -Cd Skripsi
ABSTRAK
Kuntarni. B2618110347. Penerapan Metode Bermain dengan Media Tolkasmin dalam
Peningkatan Pemahaman Bilangan 1–10 pada Peserta Didik PAUD YSS Gondoriyo
Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 78 halaman.
Pelaksanaan penelitian ini tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai, di antaranya
adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan
mengenal bilangan 1-10 pada anak PAUD YSS Gondoriyo. 2) Untuk mengetahui dan
membuktikan penerapan metode bermain Tolkasmin dalam peningkatan kemampuan
membilang 1-10 pada anak PAUD YSS Gondoriyo Kecamatan Bergas Kabupaten
Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu suatu
penelitian yang bertujuan meningkatkan hasil proses pembelajaran karena mampu
menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik serta merupakan kolaboratif yang
melibatkan partisipan bersama-sama bergabung untuk mengkaji praktik pembelajaran dan
pengembangan pemahaman tentang makna tindakan. Subyek penelitian ini adalah
keseluruhan peserta didik PAUD YSS Gondoriyo Kecamatan Bergas Kabupaten
Semarang yang berjumlah 15 peserta didik
Hasil penelitian ialah: 1) Metode bermain dengan media Tolkasmin berhasil
meningkatkan pemahaman bilangan 1–10 pada peserta didik PAUD YSS Gondoriyo
Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Hal ini dibuktikan bahwa anak yang mencapai
kriteria tuntas atau Berkembang Sangat Baik (BSB) pada Pra Siklus sejumlah 4 anak atau
sebesar 27% , pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah 7 anak atau sebesar 47% , pada
Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 9 anak atau sebesar 60% , pada Siklus I Pertemuan Ke3 sejumlah 10 anak atau sebesar 67% , pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 12 anak
atau sebesar 80% , pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 13 anak atau sebesar 87% ,
pada Siklus II Pertemuan Ke-3 sejumlah 14 anak atau sebesar 93%. Indikator keberhasilan
dalam PTK ini adalah keberhasilan anak secara klasikal sebesar 85% sehingga PTK
dinyatakan berhasil pada siklus II. 2) Kinerja Guru pada Pra Siklus sejumlah 17 anak atau
sebesar 71% , pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah 18 anak atau sebesar 75% , pada
Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 18 anak atau sebesar 75% , pada Siklus I Pertemuan
Ke-3 sejumlah 19 anak atau sebesar 79% , pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 20
anak atau sebesar 83% , pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 21 anak atau sebesar
88% , pada Siklus II Pertemuan Ke-3 sejumlah 22 anak atau sebesar 92%. Indikator
keberhasilan pendidik berada pada persentase 80%, sehingga dari hasil perolehan diatas
dapat diambil kesimpulan bahwa Guru telah mencapai atau memenuhi indikator
keberhasilan.
Kata Kunci: Bermain, Media Tolkasmin, Pemahaman Bilangan 1–10.
297/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain