Text
Skripsi : PENINGKATAN MOTORIK KASAR MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL JARANAN PADA PESERTA DIDIK PAUD BINA IMAN DESA SENDANG KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG -Cd Skripsi
ABSTRAK
Ulfa Khoirin Nisa. B2618110377. Peningkatan Motorik Kasar melalui Metode
Bermain dengan Media Permainan Tradisional Jaranan pada Peserta Didik PAUD
Bina Iman Desa Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Ivet. 78 halaman.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)
Untuk mengetahui kemampuan motorik kasar pada anak PAUD Bina Iman Desa
Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. 2) Untuk mendeskripsikan
penerapan permainan tradisional jaranan dalam peningkatan motorik kasar pada anak
PAUD Bina Iman Desa Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Sukiman
92013: 21) mengemukakan bahwa jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian
campuran (mixed method), yaitu penelitian yang menggambarkan kondisi nyata yang
diperoleh di lapangan berdasarkan hasil observasi (kuantitaif) untuk dikemukakan
dan disajikan sesuai kondisi sebenarnya dengan katakata dalam bentuk kualitatif.
Dikemukakan bahwa subjek penelitian berkaitan dengan populasi, yaitu sejumlah
penduduk yang sedikitnya memiliki satu sifat yang sama (Arikunto, 2013: 215).
Adapun menurut Hadi (2014: 49); populasi adalah seluruh subjek yang dimaksudkan
untuk diselidiki dalam suatu penelitian (Hadi, 2014: 47). Berdasarkan kedua pendapat
tersebut disimpulkan, subjek penelitian ini adalah peserta didik di PAUD Bina Iman
Desa Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya, maka peneliti
menyimpulkan peningkatan motorik kasar melalui metode bermain dengan media
permainan tradisional jaranan pada peserta didik PAUD Bina Iman Desa Sendang
Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang dilakukan dengan tahapan meliputi :
persiapan membuat rencana kegiatan harian (RKH) dan menyiapkan media
pembelajaran seperti sound system,handphone,VCD tari jaranan. Selanjutnya
pelaksanaan pengembangan kemampuan motorik langkah yang dilakukan seperti
mengatur pembagian barisan anak sesuai dengan jumlah anak (barisan depan dan
barisan belakang), memberikan materi atau contoh gerak untuk menari Jaranan dan
mendemonstrasi gerakan tari jaranan, dan melaksanakan evaluasi kegiatan yang telah
dilakukan.
Kata Kunci: Motorik Kasar, Permainan Tradisional, Jaranan
299/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain