Text
Skripsi : PENINGKATAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN MEMBUAT BENTUK DENGAN MEDIA KERTAS KADO PADA PESERTA DIDIK TK NURUL IKHSAN DESA KANDANGAN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG -Cd Skripsi
ABSTRAK
Umiyatul Musrifah. B2618110086. Peningkatan Motorik Halus melalui
Kegiatan Bermain Membuat Bentuk dengan Media Kertas Kado pada Peserta
Didik TK Nurul Ikhsan Desa Kandangan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang.
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet. 86 halaman.
Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan di dalam
kelas, karena itu peneliti menganalisis dengan metode penelitian tindakan kelas.
Pengertian penelitian tindakan kelas (PTK) adalah suatu penelitian yang melakukan
tindakan dengan cermat terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan. Subjek
penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelompok B TK Nurul Ikhsan Desa
Kandangan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang yang berjumlah 18 anak.
Kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan motorik halus
melalui kegiatan bermain membuat bentuk dengan media kertas kado pada peserta
didik TK Nurul Ikhsan Desa Kandangan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang
dilaksanakan dengan menggunakan peraga yang ukurannya cukup besar, dilengkapi
gambar langkah-langkah pembelajaran dan dalam mengajarkan melipat kertas
dilakukan secara bertahap. Peserta didik yang sudah selesai membuat satu model/
bentuk lipatan diberikan kesempatan untuk mengulang kembali membuat model
lipatan tersebut. Kertas lipat yang dipakai yaitu kertas kado berwarna warni
sehingga menarik bagi anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus melalui
kegiatan bermain membuat bentuk dengan media kertas kado pada peserta didik
TK Nurul Ikhsan Desa Kandangan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang
menunjukkan peningkatan secara signifikan dalam 2 Siklus. Diketahui bahwa anak
yang mencapai kriteria tuntas atau Berkembang Sangat Baik (BSB) pada Pra Siklus
sejumlah 6 anak atau sebesar 33% , pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah 9 anak
atau sebesar 50% , pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 11 anak atau sebesar
61% , pada Siklus I Pertemuan Ke-3 sejumlah 12 anak atau sebesar 67% , pada
Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 14 anak atau sebesar 78% , pada Siklus II
Pertemuan Ke-2 sejumlah 15 anak atau sebesar 83% , pada Siklus II Pertemuan Ke3 sejumlah 17 anak atau sebesar 94%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain membuat bentuk dengan media kertas
kado dapat meningkatkan motorik halus pada peserta didik di TK Nurul Ikhsan
Desa Kandangan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang.
Kata Kunci : Motorik Halus, Kegiatan Bermain, Media Kertas Kado
300/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain