Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI METODE BERMAIN PITLAMTOL PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS BHAKTI I BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022 -Cd Skripsi
ABSTRAK
Yeni Herlindawati. B2618110088. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-
10 melalui Metode Bermain Pitlamtol pada Anak Kelompok A TK Tunas Bhakti I
Bawen Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Ivet. 90 halaman.
Pelaksanaan penelitian ini tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai, di
antaranya adalah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan
mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A TK Tunas Bhakti I Bawen
Kabupaten Semarang. 2) Untuk mengetahui dan membuktikan penerapan metode
bermain pitlamtol dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada
anak kelompok A TK Tunas Bhakti I Bawen Kabupaten Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu
penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah keseluruhan peserta
didik kelompok A di TK Tunas Bhakti I Bawen yang berjumlah 15 peserta didik.
Hasil penelitian inn ialah: 1) Peningkatan kemampuan mengenal angka 1-
10 melalui metode bermain pitlamtol pada anak kelompok A TK Tunas Bhakti I
Bawen Kabupaten Semarang berhasil dilakukan dalam Penelitian Tindakan Kelas
ini sebagaimana data bahwa anak yang mencapai kriteria tuntas atau Berkembang
Sangat Baik (BSB) pada Pra Siklus sejumlah 4 anak atau sebesar 27% , pada
Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah 5 anak atau sebesar 33% , pada Siklus I
Pertemuan Ke-2 sejumlah 6 anak atau sebesar 40% , pada Siklus I Pertemuan Ke3 sejumlah 7 anak atau sebesar 47% , pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 9
anak atau sebesar 60% , pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 11 anak atau
sebesar 73% , dan pada Siklus II Pertemuan Ke-3 sejumlah 13 anak atau sebesar
87%. 2) Guru berhasil meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui
metode bermain pitlamtol pada anak kelompok A TK Tunas Bhakti I Bawen
Kabupaten Semarang berhasil dilakukan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini
sebagaimana data berikut bahwa perolehan skor kinerja Guru pada Pra Siklus
adalah sebesar 14 poin atau sebesar 58% , pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sebesar
15 poin atau sebesar 63% , pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sebesar 16 poin atau
sebesar 67% , pada Siklus I Pertemuan Ke-3 sebesar 17 poin atau sebesar 71% ,
pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sebesar 18 poin atau sebesar 75% , pada Siklus II
Pertemuan Ke-2 sebesar 20 poin atau sebesar 83% , dan pada Siklus II Pertemuan
Ke-3 sebesar 23 poin atau sebesar 96% .
Kata Kunci: Kemampuan, Mengenal, Angka 1-10, Pitlamtol
302/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain