Text
Skripsi : PENINGKATAN PEMAHAMAN HITUNG DASAR 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA BARANG BEKAS TUTUP BOTOL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK KARTINI KANDANGAN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG -Cd Skripsi
BSTRAK
HARSIYAH. B2618110081. Peningkatan Pemahaman Hitung Dasar 1-10
Menggunakan Media Barang Bekas Tutup Botol pada Anak Usia 5-6 Tahun TK
Kartini Kandangan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Ivet. 71 halaman.
Pelaksanaan penelitian ini tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai, di
antaranya adalah: 1) Untuk mengkaji pemahaman angka dasar 1-10 pada peserta
didik di TK Kartiini Kandangan. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan media
Barang Bekas tutup botol dapat meningkatkan pemahaman angka dasar 1-10 pada
peserta didik TK Kartini Kandangan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu
penelitian cara memperoleh datanya didasarkan pada hasil observasi, wawancara,
dokumen, dan tes kepada sejumlah subyek. Sedangkan jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini
adalah keseluruhan peserta didik kelompok A yang berjumlah 14 anak
Hasil penelitian ini ialah: 1) Penggunaan media Barang Bekas tutup botol
dapat meningkatkan pemahaman hitung dasar 1-10 pada anak usia 5-6 tahun di TK
Kartini Kandangan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Hal ini terbukti anak
yang mencapai kriteria tuntas atau Berkembang Sangat Baik (BSB) pada Pra Siklus
sejumlah 4 anak atau sebesar 29%, pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah 7 anak
atau sebesar 50%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 9 anak atau sebesar 64%,
pada Siklus I Pertemuan Ke-3 sejumlah 10 anak atau sebesar 71%, pada Siklus II
Pertemuan Ke-1 sejumlah 11 anak atau sebesar 79%, pada Siklus II Pertemuan Ke-2
sejumlah 12 anak atau sebesar 86%, pada Siklus II Pertemuan Ke-3 sejumlah 13 anak
atau sebesar 93%. 2) Guru membimbing dalam penggunaan Barang Bekas tutup botol
agar anak memahami cara berhitung angka dasar 1-10. Hasil penelitian menunjukkan
kinerja Guru pada pada Pra Siklus sejumlah 8 poin atau sebesar 33%, pada Siklus I
Pertemuan Ke-1 sejumlah 14 poin atau sebesar 58%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2
sejumlah 18 poin atau sebesar 75%, pada Siklus I Pertemuan Ke-3 sejumlah 19 poin
atau sebesar 79%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 20 poin atau sebesar 83%,
pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 21 poin atau sebesar 88%, pada Siklus II
Pertemuan Ke-3 sejumlah 22 poin atau sebesar 92% .
Kata Kunci : Pemahaman, Hitung Dasar, 1-10, Barang Bekas, dan Tutup Botol
304/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain