Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL ANGKA DENGAN MENERAPKAN METODE PERMAINAN DADU PADA SISWA PAUD DI KB WAHYU HIDAYAH DESA PAGERSARI KECAMATAN BERGAS -Cd Skripsi
ABTRAK
Karomah, 2619230393 “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Mengenal Angka Dengan Menerapkan Metode Permainan Dadu Pada Siswa
PAUD Di KB Wahyu Hidayah Desa Pagersari Kecamatan Bergas”
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menggambarkan kemampuan
kognitif mengenal angka 1-6 pada anak di KB Wahyu Hidayah Dusun
Kebonombo Rt 02 Rw 03 Desa Pagersari Kecamatan Bergas Kabupaten. 2) Untuk
meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran kognitif
mengenal angka 1-6 dengan menerapkan metode permainan dadu pada siswa di
KB Wahyu Hidayah Desa Pagersari Kecamatan Bergas. 3) Untuk mengetahui
peningkatan kemampuan kognitif mengenal angka 1-6 setelah menerapkan
metode permainan dadu pada siswa di KB Wahyu Hidayah Desa Pagersari
Kecamatan Bergas. Penelitian ini mempunyai 2 manfaat yaitu 1) Manfaat
Teoritios yaitu sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya dan sebagai dasar
pemilihan metode pembelajaran dalam pengembangan aspek kognitif mengenal
angka 1-6. 2) Manfaat Praktis yaitu Bagi Peserta Didik Membantu meningkatkan
perkembangan kognitif mengenal angka 1-6 pada siswa serta membantu
meningkatkan pencapaian hasil belajar.. Dapat menambah pengalaman dan
pengetahuan siswa dalam mengenal angka 1-6. Bagi Orang Tua, yaitu : orang tua
dapat mengajari anak mengenal angka dengan media yang ada di rumah. Bagi
Guru, yaitu memberikan motivasi kepada guru untuk memperbaiki kualitas proses
pembelajaran kognitif mengenal angka 1-6. Bagi Sekolah yaitu membantu
meningkatkan kualitas lulusan sehingga mampu menarik minat masyarakat. Bagi
Peneliti yaitu peneliti memiliki kesempatan dalam pengembangan pembelajaran .
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang
dilakukan di dalam kelas dengan menggunakan suatu tindakan untuk
meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di KB Wahyu Hidayah Desa
Pagersari Kecamatan Bergas agar memperoleh hasil yang lebih baik dari
sebelumnya.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemampuan kognitif mengenal angka
dengan menerapkan metode permainan dadu pada siswa di KB Wahyu Hidayah
Desa Pagersari Kecamatan Bergas pada siklus I siswa belum berkembang
sebanyak 3 siswa dengan prosentase 23,07%, siswa mulai berkembang sebanyak
8 siswa dengan prosentase 61,53% dan siswa berkembang sesuai harapan
sebanyak 2 siswa dengan prosentase 15,38%. Sedangkan pada siklus II siswa
mulai berkembang sebanyak 3 siswa dengan prosentase 23,07% dan siswa
berkembang sesuai harapan sebanyak 10 siswa dengan prosentase 76,93%. Maka
dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode permainan dadu dapat
meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-6 pada siswa di KB Wahyu
Hidayah Desa Pagersari Kecamatan Bergas
Kata kunci : kemampuan kognitif mengenal angka, dadu, siswa KB Wahyu
Hihayah
305/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain