Text
Skripsi : PENERAPAN PERMAINAN ULAR NAGA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KERJASAMA SISWA DI PAUD AL-HIDAYAH DESA BANCAK -Cd Skripsi
ABSTRAK
Mutik (2022). Penerapan Permainan Ular Naga Untuk
Mengembangkan Karakter Kerjsama Siswa Di PAUD Al-Hidayah Desa
Bancak. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 70
halaman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan karakter kerjasama
siswa di PAUD Al-Hidayah Desa Bancak dengan penerapan permainan ular naga.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
menggunakan tehnik analisis pengumpulan data menggunakan observasi dan
penilaian kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing
siklus terdapat (1)perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)observasi, dan (4)
refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai pelaksana tindakan, teman
sejawat sebagai observer dan siswa di PAUD Al-Hidayah yang beralamatkan di
Dusun Ngentak Rt 002/013 Desa bancak Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang
dengan jumlah 16 siswa, melalui kegiatan yaitu penerapan permainan ular naga
untuk mengembangkan karakter kerjasama siswa. Teknik pengumpulan data yang
dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi, hasil
karya. Metodeanalisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman
sejawat, peneliti di sini bertindak sebagai guru dan teman sejawat bertindak sebagai
observer/pengamat
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan
penerapan permainan ular naga untuk mengembangkan karakter kerjasama siswa di
PAUD Al-Hidayah Desa Bancak dari presentase indikator capaian siswa pada
siklus 1 rata-rata anak Mulai Berkembang 56,25% sekitar 9 siswa dan Berkembang
Sesuai Harapan 43,75% sekitar 7 siswa, dan terjadi peningkatan pada pelaksanaan
tindakan pada siklus II dengan persentase capaian indikator rata-rata siswa Mulai
Berkembang 25% sekitar 4 siswa sedangkan siswa Berkembang Sesuai Harapan
75% sekitar 11 siswa.
Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran
dengan penerapan permainan ular naga dapat mengembangkan karakter kerjasama
siswa di PAUD Al-Hidayah Desa Bancak karena telah mencapai target dan berhasil
sesuai dengan indikator capaian penelitian sebesar 75%.
.
Kata kunci : Ular Naga, Karakter, Kerjasam
307/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain