Text
Skripsi : PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI PADA PESERTA DIDIK USIA 4-5 TAHUN TK DEWANTORO KANDANGAN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022 -Cd Skripsi
ABSTRAK
Sriyani, B2618110085, “Penggunaan Metode Bermain Peran melalui Media Boneka
Tangan dalam Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi pada Peserta Didik Usia 3-4
Tahun TK Dewantoro Kandangan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang”, Skripsi,
Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Ivet, 2022, 75 halaman.
Latar belakang penelitian ini adalah masih ada sebagian anak TK Dewantoro
Kandangan yang kemampuan berkomunikasinya termasuk kategori kurang atau belum
maksimal, sehingga peneliti bekerjasama dengan guru lain sebagai kolaborator
melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode bermain peran
dengan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak.
Tujuan penelitian: 1) mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan metode
bermain peran melalui media boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan
berkomunikasi pada peserta didik usia 3-4 tahun TK Dewantoro Kandangan; 2)
mendeskripsikan dan menganalisis efektifitas penggunaan metode bermain peran
melalui media boneka tangan dalam peningkatan kemampuan berkomunikasi peserta
didik TK Dewantoro Kandangan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang.
Penelitian tindaan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di TK Dewantoro
Kandangan yang berjumlah 18 anak, guru sebagai observer dan guru lain sebagai
kolaborator. Data diperoleh dengan dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data
digunakan analisis deskriptif persentase.
Simpulan hasil penelitian: 1) Kemampuan berkomunikasi pada peserta didik
usia 3-4 tahun di TK Dewantoro Kandangan dapat ditingkatkan, salah satunya dengan
metode bermain peran melalui media boneka tangan. Tindakan dilakukan hingga
siklus II yang memberikan hasil skor rata-rata sebesar 16,25 atau 90,27% dengan
kriteria berkembang sangat baik, sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan 75%
untuk perolehan skor anak secara individu dan 85% secara klasikal, sehingga hipotesis
tindakan: “ Melalui penggunaan metode bermain peran dengan media boneka tangan
dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi bagi peserta didik usia 3-4 tahun TK
Dewantoro Kandangan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang pada semester genap
tahun ajaran 2021/2022” dinyatakan terbukti atau diterima. 2) Ada peningkatan
kemampuan berkomunikasi pada anak sebesar 49,99%, dilihat dari tindakan pada
siklus I angka terbesar 40,28% dengan kriteria mulai berkembang menjadi 90,27%
dengan kriteria berkembang sangat baik pada siklus II. Sedangkan keaktifan anak
mengalami peningkatan sebesar 22,32%, pada pra siklus diperoleh angka 72,12%
309/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain