Text
Skripsi : PENINGKATAN KERJASAMA MELALUI METODE BERMAIN KERETA API DENGAN MEDIA BALOK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN PAUD ISLAM SMART KIDS KARANGJATI KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022 -Cd Skripsi
ABSTRAK
Kasadha Putri Hanjari, B2618110082, “Peningkatan Kerjasama melalui Permainan
Kereta Api dengan Media Balok pada Anak Usia 3-4 Tahun PAUD Islam Smart
Kids Karangjati Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022”,
Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Ivet, 2021, 70 halaman.
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan kerjasama pada Anak PAUD
Islam Smart Kids Karangjati masih sangat kurang atau rendah, sehingga untuk
meningkatkan kemampuan kerjasama tersebut, peneliti bekerjasama dengan guru
kelas lain melakukan tindakan kelas dengan menerapkan metode bermain kereta api
melalui media balok.
Tujuan penelitian adalah 1) mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan
kerjasama dengan penggunaan metode bermain kereta api melalui media balok pada
anak usia 3-4 tahun PAUD Islam Smart Kids Karangjati; 2) Mendeskripsikan dan
menganalisis keefektifan penerapan metode bermain kereta api dengan media balok
dapat meningkatkan kerjasama pada Anak Usia 3-4 Tahun PAUD Islam Smart Kids
Karangjati Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan 2 (dua) siklus, setiap siklus
terdiri atas 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di PAUD Islam Smart Kids
Karangjati yang berjumlah 18 anak. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah
dokumentasi dan observasi, sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif
persentase.
Hasil penelitian: Penerapan metode bermain kereta api melalui media balok
efektif dapat meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak usia 3-4 tahun PAUD
Islam Smart Kids Karangjati setelah dilakukan tindakan hingga siklus II yang
memberikan hasil skor rata-rata sebesar 16 atau 88,89% dengan kriteria berkembang
sangat baik, sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan 75% untuk perolehan skor
anak secara individu dan 85% secara klasikal, maka dapat dibuat persamaan: 75% <
8,89% > 85% sehingga hipotesis tindakan: “Melalui metode bermain kereta api
dengan media balok dapat meningkatkan kerjasama pada anak usia 3-4 tahun PAUD
Islam Smart Kids Karangjati Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang, khususnya
semester genap tahun ajaran 2021/2022” dinyatakan diterima. Hasil tersebut
didukung dengan kinerja guru dalam peningkatan kerjasama anak sebesar 50%, yaitu
38,89% dengan kriteria mulai berkembang, menjadi 88,89% dengan kriteria
berkembang sangat baik. Sedangkan keaktifan anak ada peningkatan sebesar 16,66%
dari hasil survey pra siklus sebesar 77,78% dengana kriteria belum berkembang
menjadi 94,44% pada pasca siklus dengan kriteria berkembang sangat baik.
Kata kunci: kerjasama, bermain kereta api.
311/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain