Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL KEMANDIRIAN MELALUI METODE PENUGASAN KEGIATAN BERNYANYI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TA WEDELAN 02 KABUPATEN JEPARA -Cd Skripsi
ABSTRAK
Afrillia Taurisna, NPM 2620210616. Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional
Kemandirian melalui Metode Penugasan Kegiatan Bernyanyi pada Anak Usia 4-5
Tahun di TK TA Wedelan 02 Kabupaten Jepara. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan,
Universitas Ivet Semarang. Rumusan masalah. Bagaimanakah meningkatkan sosial
emosional kemandirian dengan metode penugasan dalam kegiatan bernyanyi pada
anak usia 4-5 Tahun di TK TA Wedelan 02 Kabupaten Jepara.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek
penelitian adalah peserta didik di TK TA Wedelan 02 Kabupaten Jepara, yang terdiri
dari 15 anak. Jadwal kegiatan dalam penelitian ini mulai dari perencanaan siklus I dan
SiklusII. Adapun tahapan Siklus I adalah perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi
dan refleksi. Siklus II yang tahapannya seperti siklus I. Berdasarkan pengamatan
evaluasi hasil belajar anak oleh observer pada pra siklus, evaluasi hasil belajar anak
berjalan dengan baik dan mendapatkan pencapaian nilai 32,2%. Pencapaian pada siklus
1 mengalami peningkatan sebesar 54,05%, karena belum memenuhi kriteria sehingga
dilakukan lagi disiklus 2 dan mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 83,14 %.
Kata Kunci : Kemampuan Sosial Emosional Kemandirian anak, Metode
Penugasan Kegiatan Bernyanyi
312/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain