Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF PEMECAHAN MASALAH SEDERHANA MELALUI METODE SAINS KAPILARITAS AIR SAYUR SAWI PADA ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI KB AT TIIN - Cd Skripsi
ABSTRAK
Marfu’ah, (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Pemecahan Masalah
Sederhana Melalui Metode Sains Kapilaritas Air Sayur Sawi Pada Anak Usia 3 -
4 Tahun di KB At Tiin Kepuk 01 Kab. Jepara. Fakultas Keguruan Ilmu
Pendidikan, Universitas Ivet Semarang, 2022, 65 halaman
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Peningkatan
Kemampuan Kognitif Pemecahan Masalah Sederhana Melalui Metode Sains
Kapilaritas Air Sayur Sawi. 2) perubahan perilaku anak melalui metode sains
kapilaritas air sayur sawi. 3) efektivitas metode sains kapilaritas air sayur sawi.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus,setiap siklus
terdiri dri 3 pertemuan. Subjek terdiri dari 15 anak (P:8, L: 7). Penilaian
kemampuan kognitif Pada tahap pra siklus hanya 6 anak atau 48,35% dari 15
anak yang dapat menunjukkan kemampuan memecahkan masalah dengan sangat
baik. Meningkat setelah dilakukan perbaikan pada siklus I mencapai 61,25% atau
10 anak, dilanjut lagi hingga mencapai minimal 75 %, pada siklus II memperoleh
hasil rata-rata 90% atau 13 anak. Efektivitas penggunaan metode sains kapilaritas
air sayur sawi pada kemampuan kognitif anak dalam memecahkan masalah
sederhana adalah sebesar 41,65%.
Kata Kunci : Metode Sains Kapilaritas Air Sayur Sawi, Meningkatkan
Kemampuan Kognitif Anak.
313/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain