Text
Skripsi : PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEJENUHAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS IVET TAHUN AKADEMIK 2020 - CD Skripsi
ABSTRAK
Aulivia Mellasani , NPM (B2217110011) “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap
Kejenuhan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Ivet Tahun Akademik
2020” , Semarang, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Ivet Semarang, 2021, 56 halaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional, Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran daring
dengan kejenuhan pada mahasiswa bimbingan dan konseling universitas ivet tahun
akademik 2020. Populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa bimbingan dan
konsling universitas ivet tahun akademik 2020 sebanyak 66 mahasiswa dengan
sampel yang diambil 66 mahasiswa
Alat pengumpulan data yang digunakan ialah angket dan dokumentasi. Uji
validitas menggunakan SPSS 21 for Windows, adapun analisa data yang digunakan
untuk membuktikan yaitu Uji Deskriptif, product moment dan uji regresi berganda.
Hal yang di peroleh pada penelitian ini ialah adanya pengaruh pembelajaran daring
terhadap kejenuhan mahasiswa. Hal ini diketahui berdasarkan hasil analisis korelasi
product moment sebesar 0,544 dan nilai sig sebesar 0,000 yang menunjukan bahwa
terdaapat pengaruh atau korelasi antara pembelajaran daring dengan kejenuhan
mahasiswa bk universitas ivet tahun akademik 2020, karena nilai p < dari 0,05
(0,000< 0,05), yang artinya bahwa semakin sering dilakukan pembelajaran daring
maka semakin rendah kejenuhan mahasiswa. Koefisien regrsi pada pembelajaran
daring sebesar 0,689 artinya jika variable pembelajaran daring (X) naik maka
kejenuhan mahasiswa (Y) mengalami penurunan . Maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh pembelajaran daring (X) terhadap kejenuhan mahasiswa (Y) .
Kata kunci : Pembelajaran Daring, Kejenuhan Mahasiswa
018/BK/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (Bimbingan Konseling) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain