Text
Skripsi : PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK USIA 3 TAHUN MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR DI KB AL FURQON BANJARAN KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA - Cd Skripsi
ABSTRAK
Khafidlotun Nikmah (2022). NPM 2620230658 Peningkatan Keterampilan
Berbahasa Anak Usia 3 Tahun Melalui Metode Cerita Bergambar Di Kb Al Furqon
Banjaran Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, Program Studi Pendidikan Guru
Paud. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang 90
halaman.
Kemampuan berbahasa mencakup 4 komponen, yaitu kemampuan
menyimak, atau mendengar, kemampuaan berbicara, kemampuan membaca, dan
kemampuan menulis. Berkaitan dengan metode cerita bahwa salah satu dari 4
komponen dapat diambil satu yaitu kemampuan berbicara, kemampuan berbicara
dapat dikembangkan dengan menggunakan metode cerita.
Tujuan penelitian ini adalah Bagaimana mendeskripsikan peningkatan
keterampilan berbahasa anak usia 3 tahun melalui metode cerita bergambar di Kb
Al Furqon Banjaran Bangsri Jepara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Populasi penelitian adalah peserta didik Kb Al Furqon Banjaran tahun ajaran
2021/2022 dengan usia mulai 3 tahun, dengan jumlah peserta didik 21 anak terdiri
dari 10 putra dan 11 putri. Sampelnya adalah 10 peserta didik KB Al Furqon 5
putra dan 5 putri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi
dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan
deskriptif kuantitatif yaitu mengolah data yang dikumpulkan melalui observasi.
Penerapan metode cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan
berbahasa anak di KB Al Furqon Banjaran Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini
ditunjukkan dari pencapaian indikator keberhasilan yaitu secara klasikal mampu
memahami bahasa yang termasuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan
Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebesar 90%. Pada pra siklus, keterampilan
berbahasa yang termasuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 0% dan
Berkembang Sesuai Harapan (BSH) baru sebesar 30%. Kemudian pencapaian
perkembangan kategori BSB meningkat pada siklus I pertemuan 1 menjadi 10%
dan pertemuan 3 menjadi 30 %. Kemudian meningkat lagi pada siklus II pertemuan
1 menjadi 40%, pertemuan 2 menjadi 60% dan pertemuan 3 menjadi 90%. Hal ini
berarti bahwa peningkatan keterampilan berbahasa anak dapat diupayakan melalui
metode cerita bergambar.
Kata kunci: keterampilan berbahasa, anak usia 3 tahun,metode bercerita.
319/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain