Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MENGENAL HURUF HIJAIYAH DENGAN MEDIA KITAB YANBU’A PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI POS PAUD SEKAR SARI BALONG KEMBANG JEPARA -Cd Skripsi
ABSTRAK
ANIK MALIKHATIN (2022) NPM. 2620230623, “Peningkatan kemampuan
kognitif anak mengenal huruf hijaiyah dengan media kitab Yanbu‟a pada anak
usia 4-5 tahun di Pos PAUD Sekar Sari Balong Kembang Jepara”. Skripsi. PGPAUD. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang 2019, 62
Halaman.
Kemampuan kognitif anak mengenal huruf hijaiyah pada anak PAUD
Sekar Sari Balong Kembang Jepara masih rendah sehingga membutuhkan
trobosan media pembeljaran baru untuk mendukung kemampuan anak dibidang
kogntif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan kognitif anak
mengenal huruf hijaiyah dengan media kitab yanbu‟a pada anak usia 4-5 Tahun di
Pos PAUD Sekar Sari Balong Kembang Jepara..
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, setiap
siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Subyek penelitian ini adalah Pos PAUD Sekar Sari Balong Kembang Jepara,
sejumlah 10 anak. Data diperoleh dengan dokumentasi dan observasi. Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan Proses penelitian dilakukan 2 kali siklus
setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan melalui metode pembelajaran yang
tepat yaitu menggunakan mediakitab Yanbu‟a. Persentase kemampuan mengenal
huruf hijaiyah pada anak Pos PAUD Sekar Sari Balong Kembang sebelum
tindakan sebesar 47.50% mengalami peningkatan pada pelaksanaan tindakan
siklus 1 sebesar 64.38% dan peningkatan signifikan terjadi pada pelaksanaan
tindakan siklus 2 sebesar 88.96%. dimana pencapaian di siklus 2 adalah
Kemampuan anak mengenal huruf dengan menyebutkan tulisan huruf hijaiyah
mencapai 87.50%, Kemampuan anak membaca 3 huruf hijaiyah secara berturutturut mencapai 93.33%, Kemampuan anak menyalin huruf hijaiyah mencapai
84.17%, Kemampuan anak membaca angka arab 1-10mencapai 90.8.%
Kata kunci: kognitif, huruf hijaiyah, pembelajaran PAUD
321/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain