Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA GAMBAR ASOSIATIF DI TK TA BUCU III -Cd Skripsi
ABSTRAK
Zahrotun Nasikhah NPM. 2620230730, “Peningkatan Kemampuan Kognitif
Anak Usia 4-5 Tahun Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Gambar
Asosiatif di TK TA Bucu III”. Skripsi. PG-PAUD. Fakultas Keguruan Ilmu dan
Pendidikan. Universitas Ivet Semarang 2022, 93 Halaman.
Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan
kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun mengenal konsep bilangan pada anak di
TK TA Bucu III?. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan
kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK
TA Bucu III. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus,
subjek dalam penelitian ini adalah anak TK TA Bucu III sejumlah 10 anak
Kegiatan penelitian ini dilaksanakan 4 bulan dibulan Mei sampai dengan Juli
2022 pada Tahun Ajaran 2021/2022. Data diperoleh dengan dokumentasi, dan
observasi.
Hasil meningkatkan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan dari
sebelum penelitian atau tahap pra siklus hanya 5 anak atau 46,0% dari 10 anak
yang dapat menunjukkan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan dengan
sangat baik, meningkat pada siklus I mencapai 61,5% atau 6 anak, pada siklus II
memperoleh hasil peningkatan hingga rata-rata 85,8% atau 9 anak. Terlihat ada
peningkatan yang signifikan pengaruh penggunaan media gambar asosiatif dalam
kegiatan meningkatkan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan.
Berdasarkan pengamatan kinerja guru oleh observer pada siklus I kinerja
guru mencapai 63%, akan tetapi setelah dilakukan perbaikan pada siklus II maka
diperoleh pencapaian yang lebih baik 89%. Sehingga Penelitian Tindakan Kelas
yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif mengenal konsep
bilangan melalui media gambar asosiatif dikategorikan berhasil dengan
ditunjukkannya pencapaian keberhasilan lebih dari 75% dari nilai kriteria
keberhasilan disetiap aspek penilaian
Kata Kunci : Media Gambar, Konsep Bilangan, Kognitif
322/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain