Text
Skripsi : PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN PEWARNA MAKANAN PADA POS PAUD MUTIARA BUNDA -Cd Skripsi
ABSTRAK
SUPRAPTI (2022) NPM. 2620230719, “Peningkatkan kemampuan kognitif anak
usia 4-5 tahun dalam mengenal warna melalui metode eksperimen dengan
pewarna makanan pada Pos PAUD Mutiara Bunda”. Skripsi. PG-PAUD. Fakultas
Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang 2019, 70 Halaman.
Kemampuan mengenal warna dapat merangsang indera pengelihatan,
kepekaan pengelihatan. Menurut Ki Fudyartanta pada fase proses pengindraan di
point psikis yaitu merupakan jalan terjadinya penginderaan atau pengetahuan
tentang objek, dalam melihat objek warna, benda, disini tidak ada rangsangan
lagi, hanya kesadaran kita untuk melihat warna benda tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis meningkatkan kemampuan
kognitif anak usia 4-5 tahun dalam mengenal warna melalui metode eksperimen
dengan pewarna makanan pada Pos PAUD Mutiara Bunda.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, setiap
siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Subyek penelitian ini adalah Pos PAUD Mutiara Bunda Kancilan Kecamatan
Kembang Kabupaten Jepara, sejumlah 22 anak. Data diperoleh dengan
dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif prosentase.
Hasil penelitian proses penelitian dilakukan 2 kali siklus setiap siklusnya
dilakukan tiga kali pertemuan melalui metode pembelajaran yang tepat yaitu
menggunakan media pewarna makanan. (1) Mengenal benda berdasarkan fungsi
(gelas, air, sendok, pewarna makanan) pada siklus pertama mencapai nilai sebesar
67,05% sedangkan pada siklus kedua pencapaian sebesar 85,98%. (2)
Menggunakan benda-benda sebagai alat eksperimen melakukan percobaan
mencampur warna pada siklus pertama mencapai nilai sebesar 65,91% sedangkan
pada siklus kedua pencapaian sebesar 89,02%. (3) Mengenal konsep sederhana
dalam kehidupan sehari-hari (berekperimen warna dengan air) pada siklus
pertama mencapai nilai sebesar 68,18% sedangkan pada siklus kedua pencapaian
sebesar 84,09%. (4) Mengetahui konsep banyak dan sedikit (ukuran air di gelas)
pada siklus pertama mencapai nilai sebesar 65,91% sedangkan pada siklus kedua
pencapaian sebesar 88,64%. (5) Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya
sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah (menceritakan hasil
percobaan sederhana) pada siklus pertama mencapai nilai sebesar 67,42%
sedangkan pada siklus kedua pencapaian sebesar 85,98%. (6) Mengamati benda
dan gejala dengan rasa ingin tahu pada siklus pertama mencapai nilai sebesar
71,21% sedangkan pada siklus kedua pencapaian sebesar 90,15%.
Kata kunci: pembelajaran PAUD, warna, kognitif
323/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain