Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI MEDIA COUNTING AND TRANSFERING WITH CHOPSTICK DI POS PAUD CAHAYA MURIA TEMPUR KELING JEPARA -Cd Skripsi
ABSTRAK
TITIS PUJA SUGYETI (2022), NPM. 2620230721 “Peningkatan kemampuan
motorik halus anak usia 3-4 tahun melalui media counting and transfering with
chopstick di Pos PAUD Cahaya Muria Tempur Keling Jepara”. Skripsi. PGPAUD.
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang 2019, 61 Halaman.
Kemampuan motorik halus anak berbeda-beda sesuai dengan stimulasi yang
diberikan kepada anak. Anak-anak yang mengalami keterlambatan perkembangan
motorik halus, sulit untuk mengkoordinasikan gerakkan tangan dan jari-jemari
anak. Beberapa anak di Pos PAUD Cahaya Muria Tempur Keling Jepara
menunjukkan kekurangan kemampuan motorik halus karena keterlambatan tumbuh
kembang, maupun stimulasi yang tidak optimal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan
motorik halus anak usia 3-4 tahun melalui media Counting and Transfering With
Chopstick Di Pos PAUD Cahaya Muria Tempur Keling Jepara.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, setiap
siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek
penelitian ini adalah Pos PAUD Cahaya Muria Tempur Keling Jepara, sejumlah 10
anak. Data diperoleh dengan dokumentasi dan observasi. Analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran di Pos PAUD Cahaya
Muria Tempur Keling Jepara.yang dijadikan sebagai upaya perbaikan pembelajaran
untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dikategorikan berhasil. Proses
penelitian dilakukan 2 kali siklus setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan
melalui metode pembelajaran yang tepat yaitu menggunakan media counting and
transfering with chopstick. Persentase kemampuan motorik halus anak dapat
terlihat dari siklus 1 dengan hasil pencapaian indikator. Persentase kemampuan
motorik halus pada anak Pos PAUD Cahaya Muria Tempur sebelum tindakan
sebesar 50.63% mengalami peningkatan pada pelaksanaan tindakan siklus 1 sebesar
63.54% dan peningkatan signifikan terjadi pada pelaksanaan tindakan siklus 2
sebesar 88.75%. dimana pencapaian di siklus 2 adalah Dapat menstimulasi
koordinasi mata dan tangan mencapai rata-rata 86.67%, Dapat dapat menyumpit
kelereng mencapai rata-rata 91.67%, Dapat memasukkan benda kecil kedalam botol
325/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain