Text
Skripsi : PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSEMDALAMBEKERJASAMA MELALUI PERMAINAN KERETAAPI BALOKPADA ANAK USIA 3-4 TAHUN POS PAUD TEMULAWAK3DESA KARANGGINTUNG KECAMATAN SUMBANGKABUPATEN BANYUMAS -Cd Skripsi
ABSTRAK
Laela Qodriyah, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul “Peningkatan Ketrampilan Sosem Dalam Bekerjasama Melalui PermainanKereta Api Balok Pada Anak Usia 3-4 Tahun Pos Paud Temulawak 3 DesaKaranggintung Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran2021 / 2022. Universitas Ivet. 101 halaman. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalahmendeskripsikan dan membuktikan permainan kereta api balok dalammeningkatkan sosial emosional dalam kerjasama pada anak usia 3-4 tahundi
Pos PAUD Temulawak 3 Desa Karanggintung Kecamatan SumbangKabupaten Banyumas. Pendekatan penelitian ini dilakukan di dalam kelas, karena itu peneliti
menganalisis data dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK), yaituuntuk memecahkan masalah yang diaplikasikan secara langsung di dalamkelas pada anak usia 3-4 tahun Pos PAUD Temulawak 3 Desa Karanggintung. Desain PTK ini dilakukan dengan model kolaboratif, karena peneliti
berkolaborasi dengan teman sejawat yang bertindak sebagai kolaborator. Model siklus yang digunakan dalam PTK ini terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu: 1) perencanaan; 2) tindakan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi, secaralengkap dapat disajikan seperti pada bagan berikut. Subjek penelitian ini
adalah anak Kelompok A di Pos PAUD Temulawak 3 Desa KaranggintungKecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas
Hasil penelitian ini ialah : 1) Anak yang mencapai kriteria tuntas yaituBSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan BSB (Berkembang Sangat Baik) padaPra Siklus sejumlah 2 anak atau sebesar 11% , pada Siklus I Pertemuan Ke-1sejumlah 5 anak atau sebesar 28% , pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah9anak atau sebesar 50% , pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 13 anak atausebesar 72% , dan pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 16 anak atausebesar 89%. 2) Berdasarkan data pada tabel diatas dapat diketahui bahwakinerja Guru pada Pra Siklus sebesar 9 poin atau sebesar 56%, pada Siklus I
Pertemuan Ke-1 sebesar 12 poin atau sebesar 75% , pada Siklus I PertemuanKe-2 sebesar 13 poin atau sebesar 81% , pada Siklus II Pertemuan Ke-1sebesar 14 poin atau sebesar 88% , dan pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sebesar
15 poin atau sebesar 94% . Kata Kunci: Keterampilan Sosem, Bekerjasama, Permainan, Kereta Api Balok
332/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain