Text
Skripsi : ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK TK B DI KBT MUSLIMAT NU BAE TAHUN AJARAN 2021/2022 -Cd Skripsi
ABSTRAK
Saidatul Akromah, 2022, Analisis Penggunaan Media Loose Parts dalam
Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok TK B Di KBT Muslimat NU Bae
Tahun Ajaran 2021/2022. Jurusan PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Veteran Semarang, 72 halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami penggunaan media Loose Parts
untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini di kelompok TK B KBT Muslimat
NU Bae Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif
deskriptif yang dilakukan di KBT Muslimat NU Bae Kabupaten Kudus, Jawa
Tengah. Pengambilan sumber data dalam penelitian ini menggunakan teknik
pemilihan melalui pertimbangan tertentu dengan 8 narasumber. Instrumen
penelitian yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitin ini bahwa Media Loose Parts dapat meningkatkan
kreativitas anak kelompok TK B KBT Muslimat NU Bae Kudus Tahun Ajaran
2021/2022, anak memiliki rasa ingin tahu, bereksplorasi, bereksperimen,
berimajinasi, memiliki komitmen pada tugas dan kemampuan anak dalam
menciptakan produk baru dan Strategi yang digunakan untuk meningkatkan
kreativitas anak kelompok TK B dengan menggunakan media Loose Parts di KBT
Muslimat NU Bae tahun ajaran 2021/2022 Adalah penciptaan produk, imajinasi,
eksplorasi, eksperimen, proyek, musik dan bahasa. Bahwa dari tujuh strategi
tersebut strategi penciptaan produk paling tepat untuk dipakai.
Berkaitan dengan hal tersebut, sekolah dan orang tua perlu menjalin
kerjasama yang baik sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan media Loose
Parts untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. Kata Kunci: Penggunaan
Media Loose Parts, Kreativitas Anak Usia Dini
Kata Kunci: Kreativitas, Loose Part
335/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain