Text
Skripsi : STRATEGI PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI DEPAN KELAS DENGAN MEDIA BONEKA WAYANG DI TK TA 01 MUSLIMAT NU TAMBAKSARI ROWOSARI KENDAL - Cd Skripsi
ABSTRAK
Nama : Supatmi,NPM 2619130095, Judul Skripsi : Strategi Peningkatan Rasa
Percaya Diri Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Didepan Kelas
dengan Media Boneka Wayang Di TK TA 01 Muslimat NU Tambaksari
Rowosari Kendal Semarang,PG PAUD.Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan.Universitas Ivet Semarang,2022.60 halaman.
Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak
usia dini dengan mnggunakan metode bercerita denganmedia boneka wayang
pada kelompok A di TK TA 01 Muslimat NU Tambaksari.
Jenis penelitian yang digunakan dalam kegiatan in yaitu Penelitian
Tindakan Kelas (PTK).Adapun objek Penelitian anak Kelompok A TK TA 01
Muslimat NU Tambaksari sebanyak 20 anak.adapun data yang dipeoleh melalui
observasi dan dokumentasidengan melalui 4 tahap yaitu (1) tahap Perencanaan,(2
tahap pelaksanaan(3) tahap pengamatan,(4) refleksi
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rasa percaya
diri anak yang terjadi pada setiap Siklus dari Siklus I dan Silus II dimana
pertemuan I Siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 orang atau 30% siswa
yang tuntas,kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I prtemuan kedua
sebanyak 9 anak atau 45 % anak yang tuntas.Pada Siklus II pertemuan ke 1
mengalami peningkatan ketuntasan kegiatan bercerita didepan kelas pada siswa
TK TA 01 sebanyak 13 anak atau 65 % dan pada Pertmuan kedua siswa Tuntas
dalam kegiatan bercerita didepan kelas untuk meningkatkan rasa percaya diri
sebanyak 17 anak atau 85 % skor secara klasikal sehingga hipotesis tindakan
Melalui metode bercerita dengan media boneka wayang dapat meningkatkan rasa
percaya diripada anak di TK TA 01 Muslimat NU Tambaksari dinyatakan
diterima.
Kata kunci : Rasa percaya diri,metode bercerita
345/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain